Lingkungan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan organisme dalam melangsungkan kehidupannya Rangkaian upaya telah dilakukan untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya Pendidikan lingkungan hidup merupakan salah satu faktor penting untuk meminimalisasi kerusakan lingkungan hidup dan merupakan sarana yang penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan Pendidikan lingkungan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan Pendidikan lingkungan tidak akan merubah situasi dan kondisi lingkungan yang rusak menjadi baik dalam waktu yang singkat melainkan membutuhkan waktu proses dan sumber daya yang memadai Atas dasar itulah pendidikan lingkungan sedini mungkin perlu diupayakan agar dapat meminimalisir kerusakan kerusakan lingkungan Lingkungan adalah sesuatu disekitar manusia baik berupa benda maupun non benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sikap ataupun tindakan manusia Dalam Undang Undang No 23 Tahun 1997 tentang pengelolaan Lingkungan Hidup yang dimaksud lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dan semua benda daya keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan serta makhluk hidup lain Lingkungan hidup merupakan suatu ekosistem yang dari waktu ke waktu terus berkembang saling berinteraksi integrasi dan interdepensi Perkembangan ini menimbulkan perubahan aspek fisik biologi dan sosial Ekosistem adalah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan stabilitas dan produktivitas lingkungan hidup Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya Ekosistem terbentuk oleh komponen hidup dan komponen tak hidup pada suatu tempat yang berinteraksi membentuk kesatuan yang teratur Upaya pengelolaan lingkungan hidup harus berpegang pada azas pelestarian dan konservasi sumberdaya dengan azas pemanfaatan yang serasi dan seimbang dengan tatanan lingkungan Pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya dan jasa lingkungan harus diawali dengan melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap ekosistem sumberdaya beserta jasa jasa yang ada didalamnya menentukan tujuan dan sasaran pemanfaatannya kemudian merencanakan dan mengelola segenap kegiatan pemanfaatannya untuk mencapai pembangunan yang optimal dan berkelanjutan Pemanfaatan sumber daya alam harus secara bijaksana dan menjamin ketersediaannya secara berkelanjutan dengan tetap memelihara dan meningkatkan nilai dan keanekaannya adaptasi manusia terhadap alam merupakan cerminan adanya aktivitas dan keterkaitan manusia terhadap alam dalam memanfaatkan ruang Dengan berkembangnya keinginan tuntutan kesejahteraan dan teknologi maka manusia berusaha untuk menguasai alam Dengan kemajuan teknologi maka ruang gerak manusia dalam memanfaatkan sumberdayapun semakin bertambah luas Berdasarkan proses tersebut maka timbul paradigma baru dalam pengelolaan lingkungan yaitu pembangunan berkelanjutan Harapan penulis semoga buku ini dapat menambah wacana dalam pandangan kita terhadap lingkungan hidup disekitar kita terutama pada peserta didik siswa dan mahasiswa dan juga para pendidik guru dosen penatar pelatih instruktur peneliti dan sebagainya Lingkungan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan organisme dalam melangsungkan kehidupannya Rangkaian upaya telah dilakukan untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan agar tetap mampu mendukung kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya Pendidikan lingkungan hidup merupakan salah satu faktor penting untuk meminimalisasi ...kerusakan lingkungan hidup dan merupakan sarana yang penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang dapat melaksanakan prinsip pembangunan berkelanjutan Pendidikan lingkungan dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dalam mencari pemecahan dan pencegahan timbulnya masalah lingkungan Pendidikan lingkungan tidak akan merubah situasi dan kondisi lingkungan yang rusak menjadi baik dalam waktu yang singkat melainkan membutuhkan waktu proses dan sumber daya yang memadai Atas dasar itulah pendidikan lingkungan sedini mungkin perlu diupayakan agar dapat meminimalisir kerusakan kerusakan lingkungan Lingkungan adalah sesuatu disekitar manusia baik berupa benda maupun non benda yang dapat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sikap ataupun tindakan manusia Dalam Undang Undang No 23 Tahun 1997 tentang pengelolaan Lingkungan Hidup yang dimaksud lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dan semua benda daya keadaan dan makhluk hidup termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan serta makhluk hidup lain Lingkungan hidup merupakan suatu ekosistem yang dari waktu ke waktu terus berkembang saling berinteraksi integrasi dan interdepensi Perkembangan ini menimbulkan perubahan aspek fisik biologi dan sosial Ekosistem adalah tatanan kesatuan secara utuh menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan stabilitas dan produktivitas lingkungan hidup Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya Ekosistem terbentuk oleh komponen hidup dan komponen tak hidup pada suatu tempat yang berinteraksi membentuk kesatuan yang teratur Upaya pengelolaan lingkungan hidup harus berpegang pada azas pelestarian dan konservasi sumberdaya dengan azas pemanfaatan yang serasi dan seimbang dengan tatanan lingkungan Pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya dan jasa lingkungan harus diawali dengan melakukan penilaian secara menyeluruh terhadap ekosistem sumberdaya beserta jasa jasa yang ada didalamnya menentukan tujuan dan sasaran pemanfaatannya kemudian merencanakan dan mengelola segenap kegiatan pemanfaatannya untuk mencapai pembangunan yang optimal dan berkelanjutan Pemanfaatan sumber daya alam harus secara bijaksana dan menjamin ketersediaannya secara berkelanjutan dengan tetap memelihara dan meningkatkan nilai dan keanekaannya adaptasi manusia terhadap alam merupakan cerminan adanya aktivitas dan keterkaitan manusia terhadap alam dalam memanfaatkan ruang Dengan berkembangnya keinginan tuntutan kesejahteraan dan teknologi maka manusia berusaha untuk menguasai alam Dengan kemajuan teknologi maka ruang gerak manusia dalam memanfaatkan sumberdayapun semakin bertambah luas Berdasarkan proses tersebut maka timbul paradigma baru dalam pengelolaan lingkungan yaitu pembangunan berkelanjutan Harapan penulis semoga buku ini dapat menambah wacana dalam pandangan kita terhadap lingkungan hidup disekitar kita terutama pada peserta didik siswa dan mahasiswa dan juga para pendidik guru dosen penatar pelatih instruktur peneliti dan sebagainya