Pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendidikan umum baik ditinjau dari kriteria pendidikan substansi pelajaran maupun lulusannya Kriteria yang melekat pada sistem pendidikan kejuruan menurut Finch dan Crunkilton 1984 12 13 antara lain 1 orientasi pendidikan dan pelatihan 2 justifikasi untuk eksistensi dan legitimasi 3 fokus pada isi kurikulum 4 kriteria keberhasilan pembelajaran 5 kepekaan terhadap perkembangan masyarakat dan 6 hubungan kerjasama dengan masyarakat Nolker 1983 menyatakan bahwa dalam memilih substansi pelajaran pendidikan kejuruan harus selalu mengikuti perkembangan IPTEK kebutuhan masyarakat kebutuhan individu dan lapangan kerja Pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendidikan umum baik ditinjau dari kriteria pendidikan substansi pelajaran maupun lulusannya Kriteria yang melekat pada sistem pendidikan kejuruan menurut Finch dan Crunkilton 1984 12 13 antara lain 1 orientasi pendidikan dan pelatihan 2 justifikasi untuk eksistensi dan legitimasi 3 fokus pada isi kurikulum 4 ...kriteria keberhasilan pembelajaran 5 kepekaan terhadap perkembangan masyarakat dan 6 hubungan kerjasama dengan masyarakat Nolker 1983 menyatakan bahwa dalam memilih substansi pelajaran pendidikan kejuruan harus selalu mengikuti perkembangan IPTEK kebutuhan masyarakat kebutuhan individu dan lapangan kerja