Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dasar dan prinsip-prinsip ilmu pendidikan, yang merupakan upaya sistematis untuk melahirkan situasi belajar dan aktivitas pembelajaran yang konduif, sehingga peserta didik dapat memaksimalkan potensinya di berbagai bidang, baik kecerdasan, akhlak, pengetahuan, maupun keterampilan yang diperlukan oleh dirinya dan masyarakat. Buku ini juga menjelaskan bahwa pendidikan merupakan proses yang berlangsung seumur hidup (*life long education*), sejalan dengan Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Dalam buku ini, penulis membahas lima asas pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, yaitu: (1) asas kemerdekaan, (2) asas kodrat alam, (3) asas kebudayaan, (4) asas kebangsaan, dan (5) asas kemanusiaan. Asas-asas ini menjelaskan prinsip-prinsip dasar dalam membangun manusia seutuhnya, yang memiliki akhlak mulia, berakhlak baik, serta mampu beradaptasi dan berkembang sepanjang hayat. Selain itu, buku ini juga menyoroti pentingnya pengembangan nilai-nilai karakter dalam dunia pendidikan, seperti religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, dan lain-lain. Pengembangan nilai-nilai karakter ini dianggap sebagai solusi untuk mengatasi kompleksitas masalah pendidikan karakter, dengan cara menyambung kembali hubungan dan *educational networks* yang nyaris terputus antara pendidikan keluarga, sekolah, dan lingkungan masyarakat. Buku ini juga menyampaikan bahwa pendidikan tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah, tetapi juga melibatkan peran penting dari keluarga dan masyarakat dalam membentuk karakter peserta didik. Dengan pendekatan holistik ini, diharapkan tercipta generasi muda yang berkualitas, berakhlak, dan siap menghadapi tantangan zaman. Buku ini cocok sebagai sumber referensi bagi calon guru, mahasiswa pendidikan, serta pembaca yang tertarik memahami konsep, prinsip, dan praktik pendidikan yang berkelanjutan dan berbasis nilai-nilai karakter.
Pendidikan merupakan upaya memanusiakan manusia Adapun dalam konsep formal pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mampu mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki potensi spiritual pengendalian diri kepribadian kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara yang berlangsung seumur hidup life long education
Jumlah Halaman | 234 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-329-355-6 |
eISBN | proses |