Sinopsis Buku: Buku ini membahas hakikat manusia dan pendidikan dalam konteks Islam secara mendalam. Penulis menjelaskan bahwa manusia diciptakan bukan sekadar sebagai aksesoris, melainkan dengan tugas pokok untuk menyembah Allah Swt. Dalam buku ini, dibahas pula konsep pendidikan Islam sebagai ilmu dan sistem, termasuk tujuannya, fungsinya, objeknya, asas-asasnya, prinsip-prinsipnya, dan ruang lingkupnya. Selain itu, buku ini juga mengeksplorasi visi, misi, dan paradigma pendidikan Islam, serta landasan teologis, filosofis, yuridis, sosiologis, kultural, psikologis, dan ilmiah-teknologi yang mendukung pendidikan Islam. Buku ini juga menyajikan sejarah pendidikan Islam dari masa klasik hingga masa modern, serta unsur-unsur dasar pendidikan Islam seperti pendidik, peserta didik, kurikulum, metode, media, lingkungan, dan evaluasi. Selain itu, buku ini menjelaskan sistem pendidikan Islam di Indonesia, lembaga pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam, kepemimpinan pendidikan Islam, serta peluang dan tantangan yang dihadapi pendidikan Islam di tengah perkembangan zaman. Buku ini merupakan referensi yang komprehensif dan relevan bagi para pelaku pendidikan Islam, akademisi, dan pembaca yang ingin memahami konsep, prinsip, dan praktik pendidikan dalam perspektif Islam.
Pendidikan Islam sebagai salah satu disiplin ilmu menjadi alterna tif dalam rangka membentuk manusia menjadi lebih baik dalam aspek kognitif afektif maupun psikomotoriknya Dengan begitu manusia khususnya pendidik dan peserta didik dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menuju perubahan yang lebih baik serta mengangkat harkat dan martabatnya sebagai manusia yang merupakan ciptaan Nya yang paling baik
Jumlah Halaman | 268 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Literasi Nusantara Abadi |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-329-774-5 |
eISBN | proses |