Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan komprehensif tentang *analisis kesalahan berbahasa* yang ditujukan bagi mahasiswa, calon guru, serta para guru Bahasa dan Sastra Indonesia di jenjang SMP dan SMA. Mengingat kebutuhan akan materi yang memadai dalam bidang ini masih tergolong langka, buku ini hadir untuk mengisi celah tersebut. Buku ini membahas berbagai aspek terkait kesalahan berbahasa, mulai dari pengertian, tujuan, dan metodologi analisis kesalahan hingga pendekatan-pendekatan yang relevan dalam menelaah kesalahan tersebut, seperti pendekatan nonkontrastif dan pendekatan kontrastif. Buku ini juga melibatkan konsep *antarbahasa* (interlanguage) sebagai fenomena yang terjadi dalam proses belajar bahasa asing, serta menjelaskan variasi dan implikasi pedagogis dari fenomena tersebut. Selain itu, buku ini menjelaskan tentang *anakes* sebagai bentuk kesalahan yang muncul dalam proses komunikasi, serta upaya reorientasi dan pendekatan dalam menangani kesalahan tersebut. Buku ini juga menyajikan teori-teori analisis kesalahan berbahasa, termasuk kategori linguistik dan siasat permukaan kesalahan. Dengan pendekatan yang terstruktur dan jelas, buku ini memberikan wawasan yang mendalam dan relevan bagi para pembaca yang ingin memahami, menganalisis, dan mengembangkan upaya pengajaran Bahasa Indonesia secara efektif. Buku ini telah melewati beberapa revisi, termasuk edisi digital yang dirilis pada tahun 2021, sehingga memastikan relevansi dan kualitas informasi yang disajikan.
Kesalahan berbahasa merupakan sisi yang mempunyai cacat pada ujaran atau tulisan pelajar Kesalahan tersebut merupakan bagian bagian konversasi atau komposisi yang menyimpang dari nama baku atau normal terpilih dari performasi bahasa orang dewasa Kesalahan berbahasa ini erat kaitannya dengan pengajaran berbahasa karena bersifat fungsional Oleh karena itu pengajaran analisis kesalahan berbahasa harus diterapkan pada tiap tiap sekolah atau instansi instansi yang terkait agar kesalahan kesalahan tersebut dapat diungkapkan sehingga dapat mengefektifkan dan mengefisienkan pengajaran bahasa itu sendiri Dalam buku yang berjudul Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa mengurakan tentang tinjauan umum bahasa analisis kontransif teori anaisis kesalahan teori dan metodologi antarbahasa atau interlangue hingga analisis kesalahan kesalahan berbahasa itu sendiri Hal ini dapat membantu para guru untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pengajaran bahasa itu sendiri
Jumlah Halaman | 188 |
---|---|
Kategori | Bahasa Dan Sastra |
Penerbit | Angkasa |
Tahun Terbit | 2011 |
ISBN | 978-979-665-586-1 |
eISBN | 978-623-340-049-7 |