Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas IV SDN I Sanan Wonogiri. Penulis menjelaskan bahwa pendekatan SAVI, yang berbantuan video pembelajaran, memberikan kesempatan bagi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam proses belajar. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa, mengurangi kepasifan dalam pembelajaran, serta meningkatkan hasil belajar IPS agar memenuhi KKM yang ditetapkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan pendekatan SAVI, aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat secara signifikan. Buku ini sangat relevan bagi para guru IPS yang ingin mencari metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
Dalam beberapa penelitian sebelumnya penerapan pendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectual SAVI terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Pendekatan ini memberikan kesempatan kepada siswa melibatkan seluruh indra dan fisiknya di dalam proses belajar Siswa bergerak aktif secara fisik memanfaatkan indra sebanyak mungkin dan membuat seluruh tubuh atau pikiran terlibat dalam proses belajar Dalam penelitian ini juga terbukti bahwa penerapan pendekatan SAVI berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS siswa SD
Jumlah Halaman | 173 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Lingkarantarnusa |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-6688-04-0 |
eISBN | proses |