Sinopsis Buku: Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi *Sistem Persamaan Linear Dua Variabel* melalui pendekatan *Pembelajaran Berbasis Masalah* (PBM) pada kelas VIII D SMP Negeri 1 Karangpucung, semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Buku ini menyajikan secara komprehensif konsep-konsep terkait belajar, hasil belajar, pendekatan berbasis masalah, serta langkah-langkah penerapan PBM dalam pembelajaran matematika di tingkat SMP. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bagaimana pendekatan PBM dapat menjadi inovasi dalam proses pembelajaran matematika yang sebelumnya cenderung bersifat klasikal dan guru sentral. Pendekatan ini memandu siswa untuk aktif dalam membangun pemahaman dan pengetahuan melalui penyelesaian masalah nyata, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi referensi dan motivasi bagi para guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Dengan pendekatan yang lebih menekankan pada siswa sebagai pusat belajar, buku ini berupaya untuk membekali peserta didik dengan keterampilan hidup yang penting, seperti kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi secara efektif. Buku ini telah diterbitkan oleh Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata) dan diterbitkan pertama kali pada bulan Maret 2020. Dengan ISBN 978-623-93305-1-4, buku ini merupakan upaya penulis untuk berkontribusi dalam pengembangan keprofesionalan guru dan peningkatan kualitas pembelajaran matematika di SMP.
Buku ini ditulis berdasarkan penelitian tindakan kelas berjudul Penelitian Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Karangpucung Semester 1 Tahun Pelajaran 2018 2019 yang dilaksanakan oleh penulis Buku ini menguraikan secara lengkap mengenai belajar hasil belajar pendekatan berbasis masalah dan langkah langkah penerapan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika di SMP
Jumlah Halaman | 110 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-93305-1-4 |
eISBN |