Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe *Number Head Together (NHT)* dan pemberian *Speed Test* dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA-3 SMAN 1 Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembelajaran berbasis kelompok yang sering kali menghambat kreativitas, minat, dan motivasi siswa. Dalam pembelajaran konvensional, siswa yang pandai cenderung dominan, sementara siswa yang kurang mampu merasa terabaikan dan pasif. Model pembelajaran *NHT* dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan memastikan setiap siswa aktif berpartisipasi dalam kelompok belajar. Selain itu, pemberian *Speed Test* juga dimaksudkan untuk mengevaluasi kemampuan siswa secara cepat dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata ulangan harian dan aktivitas siswa, yang menunjukkan keberhasilan model pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Buku ini merupakan upaya penulis untuk mengembangkan profesi guru melalui penelitian dan berbagi pengalaman praktis dalam penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif di kelas.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe *Number Head Together (NHT)* dan pemberian *Speed Test* dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA-3 SMAN 1 Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan dalam pembelajaran berbasis kelompok yang sering kali menghambat kreativitas, minat, dan motivasi siswa. Dalam pembelajaran konvensional, siswa yang pandai cenderung dominan, sementara siswa yang kurang mampu merasa terabaikan dan pasif. Model pembelajaran *NHT* dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan memastikan setiap siswa aktif berpartisipasi dalam kelompok belajar. Selain itu, pemberian *Speed Test* juga dimaksudkan untuk mengevaluasi kemampuan siswa secara cepat dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata ulangan harian dan aktivitas siswa, yang menunjukkan keberhasilan model pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Buku ini merupakan upaya penulis untuk mengembangkan profesi guru melalui penelitian dan berbagi pengalaman praktis dalam penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif di kelas.
Jumlah Halaman | 74 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-478-319-8 |
eISBN |