Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan solusi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berbasis masalah. Model PBL menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, dengan memfasilitasi siswa untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah nyata, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Buku ini terdiri dari berbagai bagian yang membahas konsep dasar model pembelajaran, ciri-ciri model pembelajaran yang baik, serta penerapan model PBL dalam pembelajaran IPA. Terdapat juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan sebagai acuan dalam implementasi model PBL di kelas. Selain itu, buku ini juga menjelaskan aspek-aspek penting dalam asesmen hasil pembelajaran serta penjelasan mengenai nilai dan kegunaan dari model pembelajaran yang digunakan dalam konteks pembelajaran IPA. Dengan adanya buku ini, diharapkan para guru dapat memperoleh panduan praktis dan teori yang memadai untuk menerapkan model PBL secara efektif dan bermakna dalam pembelajaran IPA. Buku ini juga menjadi sumber referensi yang dapat digunakan oleh perpustakaan sekolah dan pribadi untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat satuan pendidikan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Buku ini dirancang untuk memberikan wawasan dan solusi bagi para guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang berbasis masalah. Model PBL menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, dengan memfasilitasi siswa untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah nyata, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif. Buku ini terdiri dari berbagai bagian yang membahas konsep dasar model pembelajaran, ciri-ciri model pembelajaran yang baik, serta penerapan model PBL dalam pembelajaran IPA. Terdapat juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dapat digunakan sebagai acuan dalam implementasi model PBL di kelas. Selain itu, buku ini juga menjelaskan aspek-aspek penting dalam asesmen hasil pembelajaran serta penjelasan mengenai nilai dan kegunaan dari model pembelajaran yang digunakan dalam konteks pembelajaran IPA. Dengan adanya buku ini, diharapkan para guru dapat memperoleh panduan praktis dan teori yang memadai untuk menerapkan model PBL secara efektif dan bermakna dalam pembelajaran IPA. Buku ini juga menjadi sumber referensi yang dapat digunakan oleh perpustakaan sekolah dan pribadi untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat satuan pendidikan.
Jumlah Halaman | 74 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Cipta Media Edukasi |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5764-18-9 |
eISBN |