Logo Bacabuku
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Jempol pada Pembelajaran Shalat

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Jempol pada Pembelajaran Shalat

Rodiah
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Cooperative Learning* berbasis media kartu jempol dalam pembelajaran *shalat* di Sekolah Dasar Negeri 10 Kota Pangkalpinang. Penulis, Rodiah, berupaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas dengan menerapkan model pembelajaran yang dikembangkan oleh para ahli. Model *Cooperative Learning* ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan, sejalan dengan pendapat Ramayulis (2015:110) yang menekankan pentingnya guru mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran *Agama Islam*, penulis menyoroti tantangan yang dihadapi oleh guru-guru senior dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Terutama di daerah terpencil atau bagi guru yang sudah memasuki masa pensiun, metode pembelajaran yang monoton seperti metode ceramah sering kali digunakan, yang berdampak pada kurangnya interaksi dan partisipasi siswa. Dengan menerapkan media kartu jempol, penulis berharap dapat membantu mengubah pola pembelajaran yang kaku menjadi lebih dinamis, interaktif, dan efektif. Buku ini juga menyajikan latar belakang, tujuan, dan metodologi penelitian yang digunakan untuk menganalisis efektivitas penerapan model *Cooperative Learning* dalam pembelajaran *shalat*. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan saran tindak lanjut, daftar pustaka, dan profil penulis, yang memberikan gambaran lengkap tentang latar belakang dan proses penelitian yang dilakukan. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru, pendidik, dan pemerhati pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang penerapan model pembelajaran *Cooperative Learning* berbasis media kartu jempol dalam pembelajaran *shalat* di Sekolah Dasar Negeri 10 Kota Pangkalpinang. Penulis, Rodiah, berupaya meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas dengan menerapkan model pembelajaran yang dikembangkan oleh para ahli. Model *Cooperative Learning* ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan, sejalan dengan pendapat Ramayulis (2015:110) yang menekankan pentingnya guru mampu mengelola proses belajar mengajar yang memberikan rangsangan kepada siswa, sehingga siswa lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran *Agama Islam*, penulis menyoroti tantangan yang dihadapi oleh guru-guru senior dalam meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Terutama di daerah terpencil atau bagi guru yang sudah memasuki masa pensiun, metode pembelajaran yang monoton seperti metode ceramah sering kali digunakan, yang berdampak pada kurangnya interaksi dan partisipasi siswa. Dengan menerapkan media kartu jempol, penulis berharap dapat membantu mengubah pola pembelajaran yang kaku menjadi lebih dinamis, interaktif, dan efektif. Buku ini juga menyajikan latar belakang, tujuan, dan metodologi penelitian yang digunakan untuk menganalisis efektivitas penerapan model *Cooperative Learning* dalam pembelajaran *shalat*. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan saran tindak lanjut, daftar pustaka, dan profil penulis, yang memberikan gambaran lengkap tentang latar belakang dan proses penelitian yang dilakukan. Dengan demikian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi para guru, pendidik, dan pemerhati pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Detail Buku

Jumlah Halaman 90
Kategori Pendidikan
Penerbit PT. Mediaguru Digital Indonesia
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-497-081-9
eISBN
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Jempol pada Pembelajaran Shalat

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Media Kartu Jempol pada Pembelajaran Shalat

Rodiah