Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe *Jigsaw* dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas VI Sekolah Dasar. Penulis menguraikan secara sistematis kondisi awal pembelajaran PKn, yaitu kesulitan peserta didik dalam mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen, yang berdampak pada rendahnya tingkat ketuntasan belajar. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik, penulis menerapkan model *Jigsaw* sebagai strategi pembelajaran yang berbasis kerja sama dan keterlibatan aktif peserta didik. Buku ini mencakup deskripsi siklus pembelajaran, pembahasan antarsiklus, serta hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan. Penulis juga menyajikan rencana perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Buku ini ditujukan bagi para guru, calon guru, dan pelaku pendidikan yang ingin meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan pendekatan yang praktis dan mudah dipahami, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat dalam upaya menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe *Jigsaw* dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas VI Sekolah Dasar. Penulis menguraikan secara sistematis kondisi awal pembelajaran PKn, yaitu kesulitan peserta didik dalam mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen, yang berdampak pada rendahnya tingkat ketuntasan belajar. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik, penulis menerapkan model *Jigsaw* sebagai strategi pembelajaran yang berbasis kerja sama dan keterlibatan aktif peserta didik. Buku ini mencakup deskripsi siklus pembelajaran, pembahasan antarsiklus, serta hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan. Penulis juga menyajikan rencana perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Buku ini ditujukan bagi para guru, calon guru, dan pelaku pendidikan yang ingin meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan pendekatan yang praktis dan mudah dipahami, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat dalam upaya menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan.
Jumlah Halaman | 10 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-248-014-8 |
eISBN |