Logo Bacabuku
PENERAPAN MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN KIMIA SMK

PENERAPAN MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN KIMIA SMK

Erni
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif *Jigsaw* dalam pelajaran Kimia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya pada kompetensi dasar 13.1 tentang kekhasan atom karbon dalam pembentukan senyawa hidrokarbon. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh penulis, Erni, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII ATPH2 yang terdiri dari 25 orang siswa. Dalam penelitian ini, penulis mengamati bahwa sebelum penerapan model *Jigsaw*, hanya 11 siswa (44%) yang mencapai nilai tuntas, sementara 14 siswa (56%) belum mencapai KKM sebesar 78. Untuk itu, penulis mengaplikasikan model *Jigsaw* sebagai strategi pembelajaran kooperatif yang bertujuan meningkatkan partisipasi, kerja sama, dan pemahaman siswa terhadap materi Kimia. Buku ini juga mencakup langkah-langkah penerapan model *Jigsaw*, keuntungan dan kelemahannya, serta hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai lampiran seperti RPP, kisi-kisi soal, soal ulangan harian, pedoman penilaian, dan nilai ulangan harian siklus I, sebagai acuan dalam implementasi pembelajaran berbasis *Jigsaw*. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis penelitian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru Kimia di SMK yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan kooperatif.

Sinopsis ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran kooperatif *Jigsaw* dalam pelajaran Kimia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya pada kompetensi dasar 13.1 tentang kekhasan atom karbon dalam pembentukan senyawa hidrokarbon. Buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan oleh penulis, Erni, sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII ATPH2 yang terdiri dari 25 orang siswa. Dalam penelitian ini, penulis mengamati bahwa sebelum penerapan model *Jigsaw*, hanya 11 siswa (44%) yang mencapai nilai tuntas, sementara 14 siswa (56%) belum mencapai KKM sebesar 78. Untuk itu, penulis mengaplikasikan model *Jigsaw* sebagai strategi pembelajaran kooperatif yang bertujuan meningkatkan partisipasi, kerja sama, dan pemahaman siswa terhadap materi Kimia. Buku ini juga mencakup langkah-langkah penerapan model *Jigsaw*, keuntungan dan kelemahannya, serta hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik. Selain itu, buku ini dilengkapi dengan berbagai lampiran seperti RPP, kisi-kisi soal, soal ulangan harian, pedoman penilaian, dan nilai ulangan harian siklus I, sebagai acuan dalam implementasi pembelajaran berbasis *Jigsaw*. Dengan pendekatan yang praktis dan berbasis penelitian, buku ini menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru Kimia di SMK yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan kooperatif.

Detail Buku

Jumlah Halaman 98
Kategori Pendidikan
Penerbit CV. Pustaka MediaGuru
Tahun Terbit 2018
ISBN 978-602-468-784-7
eISBN
PENERAPAN MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN KIMIA SMK

PENERAPAN MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN KIMIA SMK

Erni