Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran *Inquiry* berbasis *Lembar Kerja Siswa* (LKPD) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Syukriamsyah, M.Pd., dalam rangka mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa di tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu pendahuluan, landasan teori, hasil penelitian, dan pembahasan. Dalam bagian landasan teori, dijelaskan tentang konsep motivasi belajar, teori belajar konstruktivisme, pengertian dan fungsi LKPD, serta prinsip dan langkah-langkah metode *Inquiry*. Selanjutnya, dalam bagian hasil penelitian, disajikan deskripsi kondisi awal, analisis angket motivasi belajar, pengembangan LKPD untuk setiap indikator motivasi belajar, serta analisis hasil prapembelajaran dan pembelajaran. Pembahasan hasil penelitian dilanjutkan dengan kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka dan biodata penulis. Buku ini juga mencakup materi tentang suhu, termasuk pengertian suhu, alat pengukuran suhu, macam-macam termometer, cara membuat termometer, serta cara mengubah skala suhu. Selain itu, buku ini menjelaskan bagaimana cara membuat termometer sederhana sebagai bagian dari pembelajaran IPA. Buku ini ditujukan untuk guru dan calon guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP dengan menerapkan model *Inquiry* berbasis LKPD. Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan pembelajaran sains yang lebih inovatif dan berbasis masalah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas penerapan model pembelajaran *Inquiry* berbasis *Lembar Kerja Siswa* (LKPD) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Syukriamsyah, M.Pd., dalam rangka mengembangkan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa di tingkat sekolah menengah pertama (SMP). Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu pendahuluan, landasan teori, hasil penelitian, dan pembahasan. Dalam bagian landasan teori, dijelaskan tentang konsep motivasi belajar, teori belajar konstruktivisme, pengertian dan fungsi LKPD, serta prinsip dan langkah-langkah metode *Inquiry*. Selanjutnya, dalam bagian hasil penelitian, disajikan deskripsi kondisi awal, analisis angket motivasi belajar, pengembangan LKPD untuk setiap indikator motivasi belajar, serta analisis hasil prapembelajaran dan pembelajaran. Pembahasan hasil penelitian dilanjutkan dengan kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka dan biodata penulis. Buku ini juga mencakup materi tentang suhu, termasuk pengertian suhu, alat pengukuran suhu, macam-macam termometer, cara membuat termometer, serta cara mengubah skala suhu. Selain itu, buku ini menjelaskan bagaimana cara membuat termometer sederhana sebagai bagian dari pembelajaran IPA. Buku ini ditujukan untuk guru dan calon guru yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di SMP dengan menerapkan model *Inquiry* berbasis LKPD. Buku ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pengembangan pembelajaran sains yang lebih inovatif dan berbasis masalah.
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-248-386-6 |
eISBN |