Kurikulum adalah niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru di sekolah Isi kurikulum adalah pengetahuan ilmiah termasuk kegiatan dan pengalaman belajar yang disusun sesuai dengan taraf perkembangan siswa Kurikulum akan mempunyai arti dan fungsi untuk mengubah siswa apabila dilaksanakan dan ditransformasikan oleh guru kepada siswa dalam suatu kegiatan belajar mengajar Dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar adalah operasionalisasi dari kurikulum Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan juga bervariasi dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya Salah satu upaya dari pengembangan kurikulum adalah dengan cara pengintegrasian kurikulum integrated curriculum Belakangan ini Integrated curriculum telah menjadi KTSP primadona di tiap tiap satuan pendidikan Kurikulum adalah niat dan harapan yang dituangkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru di sekolah Isi kurikulum adalah pengetahuan ilmiah termasuk kegiatan dan pengalaman belajar yang disusun sesuai dengan taraf perkembangan siswa Kurikulum akan mempunyai arti dan fungsi untuk mengubah siswa apabila dilaksanakan dan ditransformasikan oleh guru ...kepada siswa dalam suatu kegiatan belajar mengajar Dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar adalah operasionalisasi dari kurikulum Konsep kurikulum berkembang sejalan dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan juga bervariasi dengan aliran atau teori pendidikan yang dianutnya Salah satu upaya dari pengembangan kurikulum adalah dengan cara pengintegrasian kurikulum integrated curriculum Belakangan ini Integrated curriculum telah menjadi KTSP primadona di tiap tiap satuan pendidikan