Sinopsis Singkat Buku "Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Inspiratif" Buku ini merupakan panduan praktis dan komprehensif bagi para guru yang ingin mengembangkan kemampuan penelitian dalam kelasnya. Dengan pendekatan *action research*, buku ini mengupas secara mendalam konsep Penelitian Tindakan Kelas (PTK), mulai dari sejarah lahirnya, perbedaan dengan penelitian lain, hingga tahapan pelaksanaannya. Buku ini dirancang untuk membekali guru dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian tindakan di lingkungan pembelajaran. Dalam buku ini, para penulis menyajikan berbagai aspek penting seperti identifikasi masalah, perumusan judul dan rumusan masalah, hipotesis tindakan, pemilihan tindakan, faktor pendukung dan penghambat, serta analisis data. Buku ini juga mencakup kajian pustaka, metode penelitian, dan evaluasi tindak lanjut, sehingga dapat menjadi acuan utama bagi guru yang ingin berpartisipasi aktif dalam pengembangan kualitas pembelajaran. Dengan pendekatan yang jelas dan terstruktur, buku ini menjadi sumber pengetahuan tambahan bagi seluruh kalangan yang tertarik pada pendidikan dan penelitian kelas.
Menjadi guru inspiratif merupakan sebuah impian semua pendidik di dunia ini Pribadi seorang guru inspiratif harus mampu memberikan inspirasi bagi siswa sesama guru dan khalayak ramai Keahlian dalam mengelola proses pembelajaran yang efektif merupakan salah satu indikator seorang guru bisa menjadi sumber inspirasi bagi orang lain Pada realitanya seorang guru harus senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran yang menjadi tanggug jawabnya Salah satu cara untuk senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran ialah melakukan penelitian tindakan kelas PTK Kegiatan penelitian tindakan kelas PTK bertujuan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan atas segala hal yang berkiatan dengan proses belajar siswa di kelas Seorang guru membutuhkan pedoman untuk melakukan penelitian tindakan kelas PTK dengan baik dan benar Buku ini hadir untuk memberikan pengetahuan dan gambaran komprehensif kepada para pembaca yang ingin belajar penelitian tindakan kelas PTK Di dalam buku ini membahas definisi PTK tujuan PTK bentuk PTK PTK dan pengembangan profesi perbedaan PTK dengan penelitian lainnya proposal PTK tahapan PTK Identifikasi masalah hipotesis tindakan Faktor pendukung dan penghambat kajian pustaka metode penelitian pengumpulan data analisis data evaluasi dan tindak lanjut kesimpulan dan saran laporan PTK Semoga kehadiran buku ini membawa manfaat yang luas kepada para pembaca
Jumlah Halaman | 197 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-5687-64-3 |
eISBN | proses |