Upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah fokus utama dalam pembangunan pendidikan dewasa ini Dan efektivitas oleh guru profesional adalah faktor utama peningkatan mutu Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik membutuhkan peningkatan profesional secara terus menerus Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan merefleksikan diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri dapat bekerja secara kontekstual dan mengerti sejarah tentang Pendidikan dan persekolahannya demikian Stephen Kemmis dan Robbin McTaggart dalam Aswandi 2006 Sehubungan dengan itu Maka Penelitian Tindakan Kelas PTK memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar Sesungguhnya kegiatan penelitian telah banyak dilakukan Namun sayangnya kegiatan penelitian tersebut kurang dirasakan dampaknya bagi peningkatan mutu pembelajaran Menurut Raka Joni dkk 1998 hal tersebut setidaknya disebabkan oleh dua hal yaitu 1 pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan umumnya kurang melibatkan guru 2 penyebarluasan dissemination hasil penelitian melalui publikasi ilmiah ke kalangan guru di lapangan memakan waktu sangat Panjang Selain itu menurut penulis ini juga disebabkan karena kurangnya kesempatan guru mengakses hasil penelitian untuk perbaikan mutu pembelajaran Karena itu mari kita bicarakan Penelitian Tindakan PTK dan mari menyamakan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Penelitian Tindakan Kelas PTK Upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah fokus utama dalam pembangunan pendidikan dewasa ini Dan efektivitas oleh guru profesional adalah faktor utama peningkatan mutu Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik membutuhkan peningkatan profesional secara terus menerus Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru ...memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan merefleksikan diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri dapat bekerja secara kontekstual dan mengerti sejarah tentang Pendidikan dan persekolahannya demikian Stephen Kemmis dan Robbin McTaggart dalam Aswandi 2006 Sehubungan dengan itu Maka Penelitian Tindakan Kelas PTK memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar Sesungguhnya kegiatan penelitian telah banyak dilakukan Namun sayangnya kegiatan penelitian tersebut kurang dirasakan dampaknya bagi peningkatan mutu pembelajaran Menurut Raka Joni dkk 1998 hal tersebut setidaknya disebabkan oleh dua hal yaitu 1 pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan umumnya kurang melibatkan guru 2 penyebarluasan dissemination hasil penelitian melalui publikasi ilmiah ke kalangan guru di lapangan memakan waktu sangat Panjang Selain itu menurut penulis ini juga disebabkan karena kurangnya kesempatan guru mengakses hasil penelitian untuk perbaikan mutu pembelajaran Karena itu mari kita bicarakan Penelitian Tindakan PTK dan mari menyamakan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Penelitian Tindakan Kelas PTK