Logo Bacabuku
Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R

Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R

Muhammad Taqwa; Firdha Razak dan Amrullah Mahmud
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang *Penelitian Tindakan Kelas (PTK)* dalam konteks teknologi OJS (Open Journal System) dan Software R. Buku ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendukung proses belajar mengajar mata kuliah *Metodologi Penelitian*. Buku ini menjelaskan konsep, prinsip, tujuan, manfaat, luaran, sasaran, kriteria, validitas, reliabilitas, serta pentingnya kolaborasi dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas. Selain itu, buku ini juga menjelaskan karakteristik dan jenis-jenis penelitian tindakan kelas, serta memberikan panduan praktis dalam mengimplementasikan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan teknologi informasi, khususnya melalui penggunaan OJS dan Software R. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi bagi mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan yang ingin memahami dan menerapkan metode penelitian tindakan kelas secara efektif dalam konteks pendidikan modern.

Sinopsis ebook

Upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah fokus utama dalam pembangunan pendidikan dewasa ini Dan efektivitas oleh guru profesional adalah faktor utama peningkatan mutu Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar membimbing mengarahkan melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik membutuhkan peningkatan profesional secara terus menerus Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan merefleksikan diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri dapat bekerja secara kontekstual dan mengerti sejarah tentang Pendidikan dan persekolahannya demikian Stephen Kemmis dan Robbin McTaggart dalam Aswandi 2006 Sehubungan dengan itu Maka Penelitian Tindakan Kelas PTK memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar Sesungguhnya kegiatan penelitian telah banyak dilakukan Namun sayangnya kegiatan penelitian tersebut kurang dirasakan dampaknya bagi peningkatan mutu pembelajaran Menurut Raka Joni dkk 1998 hal tersebut setidaknya disebabkan oleh dua hal yaitu 1 pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan umumnya kurang melibatkan guru 2 penyebarluasan dissemination hasil penelitian melalui publikasi ilmiah ke kalangan guru di lapangan memakan waktu sangat Panjang Selain itu menurut penulis ini juga disebabkan karena kurangnya kesempatan guru mengakses hasil penelitian untuk perbaikan mutu pembelajaran Karena itu mari kita bicarakan Penelitian Tindakan PTK dan mari menyamakan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Penelitian Tindakan Kelas PTK

Detail Buku

Jumlah Halaman 145
Kategori Teknik dan Arsitektur
Penerbit Deepublish
Tahun Terbit 2021
ISBN 978-623-02-3592-4
eISBN 978-623-02-3647-1
Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R

Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R

Muhammad Taqwa; Firdha Razak dan Amrullah Mahmud