Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan praktis dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Dalam buku ini, penulis menyajikan konsep, langkah-langkah, dan teknik-teknik dalam melakukan penelitian tindakan kelas secara sistematis dan terstruktur. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa peserta sertifikasi guru dalam jabatan melalui jalur pendidikan, sebagai bahan ajar mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas. Isi buku mencakup penjelasan mengenai konsep PTK, tipologi dan cakupan penelitian tindakan, alasan pentingnya melakukan PTK, cara menetapkan fokus penelitian, pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, serta hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pelaksanaan PTK. Buku ini juga dilengkapi dengan tanya jawab seputar PTK yang sering muncul dalam pelatihan dan diskusi, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep PTK dalam praktik pembelajaran di kelas. Dengan adanya buku ini, diharapkan para guru dan calon guru dapat meningkatkan kemampuan profesional mereka melalui penelitian tindakan kelas, yang merupakan sarana efektif untuk meningkatkan kinerja pembelajaran, mengembangkan strategi pengajaran, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan efisien.
Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan praktis dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai sarana pengembangan keprofesionalan guru dan calon guru. Dalam buku ini, penulis menyajikan konsep, langkah-langkah, dan teknik-teknik dalam melakukan penelitian tindakan kelas secara sistematis dan terstruktur. Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa peserta sertifikasi guru dalam jabatan melalui jalur pendidikan, sebagai bahan ajar mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas. Isi buku mencakup penjelasan mengenai konsep PTK, tipologi dan cakupan penelitian tindakan, alasan pentingnya melakukan PTK, cara menetapkan fokus penelitian, pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, analisis dan interpretasi data, serta hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pelaksanaan PTK. Buku ini juga dilengkapi dengan tanya jawab seputar PTK yang sering muncul dalam pelatihan dan diskusi, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan menerapkan konsep PTK dalam praktik pembelajaran di kelas. Dengan adanya buku ini, diharapkan para guru dan calon guru dapat meningkatkan kemampuan profesional mereka melalui penelitian tindakan kelas, yang merupakan sarana efektif untuk meningkatkan kinerja pembelajaran, mengembangkan strategi pengajaran, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan efisien.
Jumlah Halaman | 308 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Bayu Media |
Tahun Terbit | 2011 |
ISBN | 978-979-3323-20-6 |
eISBN |