Sinopsis Buku: Buku ini memberikan panduan lengkap dan praktis mengenai *Penelitian Tindakan Kelas* (PTK), yang merupakan metode penelitian yang digunakan oleh para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Buku ini menjelaskan secara sistematis tahapan-tahapan dalam melakukan penelitian tindakan, mulai dari pra penelitian hingga pasca penelitian, serta bagaimana memformulasikan masalah, merumuskan hipotesis, dan memilih tindakan yang tepat. Selain itu, buku ini juga membahas faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan PTK, serta bagaimana memanfaatkan literatur dan proposal penelitian sebagai dasar dalam merancang penelitian yang efektif. Buku ini sangat berguna bagi para guru, dosen, dan calon pendidik yang ingin memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan.
Penelitian tindakan kelas PTK sangat familiar dalam karir dan aktifitas seorang guru Kegiatan penelitian tindakan kelas dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal Melalui penelitian tindakan kelas seorang guru dapat mengetahui efektifitas pembelajaran yang telah dilakukannya Selain itu penelitian tindakan kelas juga memberi informasi penting kepada guru tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran yang dilakukan Penelitian tindakan kelas penting untuk dilakukan oleh semua guru yang menginginkan adanya perbaikan kualitas pembelajaran Hal ini tentu membutuhkan buku pedoman tentang penelitian tindakan kelas yang benar Dalam buku ini dibahas mengenai seluruh hal yang berkaitan dengan penelitian tindakan kelas Mulai dari definisi PTK tujuan PTK bentuk PTK PTK dan pengembangan profesi perbedaan PTK dengan penelitian lainnya proposal PTK tahapan PTK Identifikasi masalah hipotesis tindakan Faktor pendukung dan penghambat kajian pustaka metode penelitian pengumpulan data analisis data evaluasi dan tindak lanjut kesimpulan dan saran laporan PTK Harapan dari diterbitkannya buku ini bisa digunakan sebagai pedoman baik dari segi teori dan penerapan PTK bagi guru dosen dan pelaku pendidikan lainnya yang sedang mempelajari dan menjalankan PTK
Jumlah Halaman | 161 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-5687-62-9 |
eISBN | proses |