Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Penelitian Tindakan Kelas (PTK)* yang dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), serta Sekolah Rakyat (SR) dan Sekolah Rakyat Luar Biasa (SRLB). Penulis, Zainal Aqib dan tim, memberikan panduan lengkap dan praktis tentang bagaimana merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian tindakan kelas sebagai bentuk karya tulis ilmiah yang wajib dilakukan oleh guru dalam rangka peningkatan kinerja dan kenaikan pangkat/jabatan. Buku ini bertujuan sebagai referensi, sampel, bahan bandingan, dan motivasi bagi para guru, terutama yang mengajar di jenjang TK/RA, SLB, dan SDLB. Dalam buku ini, pembaca akan memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep PTK, langkah-langkah penelitian, serta contoh-contoh praktis yang dapat diaplikasikan langsung di kelas. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya pendidikan dalam memanusiakan manusia dan membentuk pribadi yang berkesadaran, baik dalam hubungannya dengan sesama, lingkungan, maupun Sang Pencipta. Melalui PTK, para guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan profesionalitasnya dalam mengabdi kepada peserta didik. Buku ini disusun dengan struktur yang jelas, mudah dipahami, dan relevan dengan kebutuhan praktis para pendidik. Dengan mengacu pada buku ini, para guru dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang *Penelitian Tindakan Kelas (PTK)* yang dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), serta Sekolah Rakyat (SR) dan Sekolah Rakyat Luar Biasa (SRLB). Penulis, Zainal Aqib dan tim, memberikan panduan lengkap dan praktis tentang bagaimana merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi penelitian tindakan kelas sebagai bentuk karya tulis ilmiah yang wajib dilakukan oleh guru dalam rangka peningkatan kinerja dan kenaikan pangkat/jabatan. Buku ini bertujuan sebagai referensi, sampel, bahan bandingan, dan motivasi bagi para guru, terutama yang mengajar di jenjang TK/RA, SLB, dan SDLB. Dalam buku ini, pembaca akan memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep PTK, langkah-langkah penelitian, serta contoh-contoh praktis yang dapat diaplikasikan langsung di kelas. Selain itu, buku ini juga menjelaskan pentingnya pendidikan dalam memanusiakan manusia dan membentuk pribadi yang berkesadaran, baik dalam hubungannya dengan sesama, lingkungan, maupun Sang Pencipta. Melalui PTK, para guru diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengembangkan profesionalitasnya dalam mengabdi kepada peserta didik. Buku ini disusun dengan struktur yang jelas, mudah dipahami, dan relevan dengan kebutuhan praktis para pendidik. Dengan mengacu pada buku ini, para guru dapat memperkaya pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian tindakan kelas sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Jumlah Halaman | 468 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Ar-Ruzz |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-313-072-6 |
eISBN | 978-602-313-257-7 |