Sinopsis Buku: Buku ini merupakan referensi lengkap dan praktis yang membahas tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari segi filosofis dan praktis. Buku ini ditulis oleh para ahli pendidikan, yaitu Dr. Muhammad Ali Gunawan, M.Pd., Dr. Ari Setiawan, M.Pd., dan Amalia Fitri, M.Pd., yang memberikan pandangan mendalam mengenai konsep, prinsip, karakteristik, tujuan, dan manfaat dari penelitian tindakan kelas. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang saling terkait, antara lain: - Bab 1: Paradigma Penelitian Tindakan Kelas, yang membahas filosofi ilmu, pendekatan/metode penelitian, sejarah, dan tantangan guru masa depan. - Bab 2: Teori dan Konsep Penelitian Tindakan Kelas, yang menjelaskan definisi, komponen, prinsip, karakteristik, tujuan, dan jenis-jenis penelitian tindakan kelas. - Bab 3: Prosedur Penelitian Tindakan Kelas, yang memandu langkah-langkah umum, identifikasi tema/fokus penelitian, pengumpulan informasi awal, analisis data awal, serta tinjauan pustaka/literatur review. - Bab 4: Kajian Pustaka dan Tata Cara Pengutipan, yang membahas kegunaan tinjauan pustaka, tata cara penulisan kutipan, jenis, dan format kutipan. - Bab 5: Pengumpulan Data/Informasi, yang menjelaskan definisi data/informasi, jenis-jenis data penelitian, serta metode pengumpulan data kualitatif. Buku ini sangat bermanfaat bagi guru, mahasiswa tingkat akhir, dan calon guru, yang ingin memahami dan menerapkan penelitian tindakan kelas sebagai bagian dari proses belajar mengajar yang integratif. Buku ini juga membantu mengatasi tantangan dalam menggabungkan tugas administratif dengan tugas mengajar, serta memperkuat konsep bahwa mengajar dan meneliti adalah satu kesatuan yang terintegrasi secara simultan dan berkelanjutan. Dengan penjelasan yang jelas, sistematis, dan praktis, buku ini menjadi sumber acuan yang komprehensif untuk memperkaya literasi tentang penelitian tindakan kelas dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Buku referensi ini dapat menambah literasi tentang penelitian tindakan kelas yang sudah banyak beredar di masyarakat dan mungkin judul buku yang paling banyak dicari oleh guru dan mahasiswa tingkat akhir Meskipun demikian masih banyak dijumpai di lapangan sekolah para guru merasa berat dan memandang penelitian tindakan kelas karya ilmiah sebagai beban karena begitu banyaknya tugas tugas administrasi yang harus diselesaikan di luar kewajiban mengajar selama 24 jam minggu
Jumlah Halaman | 252 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Nuta Media |
Tahun Terbit | 2022 |
ISBN | 978-623-5967-46-2 |
eISBN | proses |