Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), yang merupakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan oleh guru dalam lingkungan kelas untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Buku ini menyajikan konsep dan prinsip dasar penelitian tindakan kelas, serta memberikan panduan praktis dalam melakukan penelitian tersebut secara efektif dan sistematis. Dalam buku ini, penulis menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas tidak hanya berupa studi teoretis, tetapi juga merupakan upaya konkret untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui refleksi dan tindakan berulang. Penulis menekankan pentingnya keterlibatan langsung guru dalam proses penelitian, karena hasil penelitian ini dapat langsung diterapkan dalam praktik pembelajaran di kelas. Selain itu, buku ini juga mengupas pentingnya kajian ilmu pendidikan dalam konteks pendidikan dasar dan menengah, serta menjelaskan bagaimana hasil penelitian di perguruan tinggi dapat berdampak langsung terhadap praktik pendidikan di tingkat dasar dan menengah. Penulis juga mengkritik pemisahan kementerian pendidikan yang dapat mengurangi kesinambungan antara kajian ilmu pendidikan dan praktik pendidikan di lapangan, seperti yang terjadi di Indonesia pada tahun 2015. Buku ini sangat relevan bagi para guru, calon guru, dosen, dan peneliti pendidikan yang ingin meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan penelitian tindakan kelas. Penulis juga menyertakan contoh-contoh praktis, serta penjelasan tentang hukum cipta yang berlaku untuk melindungi karya intelektual penulis dan penerbit. Penulis: Jasa Ungguh Muliawan Penerbit: Gava Media ISBN: 978-602-5568-04-6 Cetakan I, 2018 --- Alasan: - Buku ini secara eksplisit menjelaskan konsep dan prinsip penelitian tindakan kelas, termasuk tujuan dan kegunaannya dalam praktik pendidikan. - Penulis menekankan pentingnya keterlibatan guru dalam penelitian tindakan kelas dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. - Buku ini juga menyebutkan kritik terhadap pemisahan kementerian pendidikan yang dapat mengganggu kesinambungan antara kajian ilmu pendidikan dan praktik pendidikan di lapangan. - Penulis menunjukkan relevansi penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan menengah, serta menyebutkan contoh dari sistem pendidikan Amerika Serikat sebagai referensi. - Buku ini juga menyertakan informasi tentang hak cipta dan penerbit, yang menunjukkan bahwa buku ini memiliki struktur dan isi yang lengkap dan profesional.
Menurut sebagian ahli pendidikan penelitian tindakan kelas PTK adalah penelitian yang tidak menguji teori atau hipotesis tetapi menerapkan teknik strategi atau metode hasil penelitian yang sudah teruji pada konteks riil Penelitian tindakan kelas bertujuan memperbaiki atau memecahkan masalah pembelajaran dengan cara melakukan perubahan dan peningkatan kualitas belajar mengajar Dari sudut pandang ini bagi sebagian orang penelitian tindakan kelas tidak masuk dalam kategori penelitian eksperimen diskriptif maupun penelitian pengembangan Dalam kasus ini penulis berbeda pendapat dengan mereka PTK memang merupakan ujung tombak tindakan uji coba suatu hipotesa dalam dataran riil Artinya tidak ada lagi usaha untuk menguji hipotesa itu sendiri Hipotesa yang ada dianggap sebagai hasil akhir penelitian yang sudah teruji tinggal menerapkannya saja Tetapi itu hanya batasan kecil dari pengertian PTK yang sesungguhnya PTK dari segi bahasa maupun subtansinya tidak seperti itu PTK mempunyai cakupan metodologi penelitian yang cukup luas Ia mencakup penelitian diskriptif historis kasuistik eksperimen bahkan pengembangan Hanya saja cakupannya terbatas dalam ruang kelas Argumen pertama yang diajukan adalah jika suatu hipotesa perlakuan itu sudah dianggap final dan teruji kenapa mesti dilakukan penelitian ulang dalam bentuk PTK Bukankah tinggal menerapkannya saja Bentuk akhirnya adalah Laporan Tindakan Kelas LTK bukan Penelitian Tindakan Kelas PTK Konsep laporan dengan penelitian beda Argumen kedua Substansi penelitian tindakan kelas PTK adalah penelitian yang dilakukan dalam cakupan kecil yaitu proses belajar mengajar di kelas Batasan PTK adalah istilah kelas bukan substansi penelitiannya Substansi penelitiannya tetap meluas mencakup konsep diskriptif historis kasuistik ekperimen bahkan pengembangan Hanya saja dibatasi dalam ruang lingkup tempat yang disebut kelas Argumen ketiga Konsep penelitian tindakan dalam istilah PTK bukan berarti tinggal menerapkan teori yang ada dalam bentuk konkrit tetapi meneliti tindakan yang akan atau sudah dilakukan objek Objeknya bisa siapa saja atau apa saja bisa siswa yang bermasalah hipotesa yang diragukan kebenaranya bahkan gambaran riil apa yang akan dilakukan siswa sehubungan dengan akan diterapkannya suatu metode belajar mengajar yang baru gabungan dari metode historis diskriptif dan pengembangan Buku PTK yang Anda baca ini sangat berbeda dengan buku PTK yang beredar pada umumnya PTK edisi pertama bersifat dasar dan umum namun pada edisi revisi ini pendalaman isi materi buku dipertajam dan diperluas sampai pada dataran konkrit di lapangan Teori dasarnya sederhana namun tingkat akurasinya sangat tinggi ketika diterapkan dalam bentuk praktek Selamat membaca semoga bermanfaat
Jumlah Halaman | 248 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-5568-04-6 |
eISBN |