Sinopsis Buku: Buku ini membahas secara mendalam tentang *Penelitian Tindakan Kelas* (Action Research), yang merupakan pendekatan penelitian kualitatif yang digunakan oleh para pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Buku ini dirancang sebagai panduan praktis dan teoretis bagi guru, dosen, mahasiswa, serta calon pendidik dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan penelitian tindakan kelas. Buku ini mencakup berbagai topik penting seperti konsep dasar penelitian tindakan kelas, peran guru dalam proses belajar-mengajar, siklus penelitian tindakan, metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, kuesioner, dan catatan lapangan, serta cara menyajikan dan menginterpretasikan data yang diperoleh. Selain itu, buku ini juga menjelaskan bagaimana penelitian tindakan kelas dapat menjadi alat untuk meningkatkan profesionalisme pendidik, memperbaiki praktik pembelajaran, dan memberikan dampak positif pada peserta didik. Buku ini sangat relevan bagi semua pihak yang ingin mengembangkan kemampuan penelitian dan refleksi dalam lingkungan pendidikan.
Guru sebagai pendidik merupakan tonggak utama pada ukuran kualitas pendidikan Guru memiliki kewajiban pokok mempertanggungjawabkan hasil penilaian peserta didik
Jumlah Halaman | 164 |
---|---|
Kategori | Metodologi Penelitian |
Penerbit | nuha medika |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-602-6243-44-7 |
eISBN | proses |