Sinopsis Buku: Buku *Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan* ini merupakan edisi pertama yang ditulis oleh Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A., dengan bantuan editor Prof. Dr. Murodi, M.A. Buku ini hadir sebagai panduan komprehensif bagi para peneliti, terutama dalam bidang ilmu pendidikan, dalam melakukan penelitian kualitatif secara sistematis dan ilmiah. Buku ini juga menjadi bacaan yang relevan bagi para peneliti di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam, yang mengikuti tradisi penelitian interpretivisme. Buku ini menjelaskan berbagai aspek penting dalam penelitian kualitatif, termasuk konsep-konsep seperti *credibility, transferability, dependability, dan confirmability* yang menjadi dasar kekuatan dan validitas penelitian kualitatif. Selain itu, buku ini juga membahas penelitian tindakan (*action research*) dan penelitian pengembangan (*development research*), serta prosedur-prosedur yang diperlukan dalam setiap tahapan penelitian tersebut. Buku ini juga menyampaikan pentingnya penelitian kualitatif dalam pengembangan teori-teori ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peran penelitian dalam meningkatkan produktivitas bangsa melalui pengembangan sikap multikultural, toleransi, kreativitas, inovasi, dan kolaborasi. Dengan demikian, buku ini tidak hanya menjadi panduan bagi peneliti, tetapi juga menjadi sumber inspirasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan masyarakat. Buku ini dilengkapi dengan daftar pustaka dan informasi tentang penulis, serta dilengkapi ISBN untuk identifikasi dan referensi. Dengan berbagai konsep dan panduan yang disajikan, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para akademisi, peneliti, dan mahasiswa yang tertarik mengembangkan penelitian kualitatif dalam bidang ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu sosial lainnya.
Ilmu itu berkembang melalui kegiatan penelitian yang dilakukan para ilmuwan Dan objek serta subjek penelitian adalah alam semesta dan berbagai kehidupan di dalamnya termasuk kehidupan manusia Alam memiliki cara hidupnya sendiri binatang dan tumbuh tumbuhan memiliki mekanisme kehidupannya yang jika diamati oleh ilmuwan akan diperoleh sebuah kesimpulan Kesimpulan hasil pengamatan itulah yang kemudian dirumuskan sebagai sebuah pengetahuan baru Akumulasi dari berbagai pengetahuan dalam satu cabang tertentu dalam bidang tertentu akan melahirkan ilmu Oleh sebab itulah secara pragmatik para ilmuwan selalu menggunakan istilah displin ilmu cabang ilmu dan juga bidang ilmu Itulah ilmu sebagai kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis dan sudah mampu memberikan penjelasan dalam tiga aspeknya ontologi epistemologi dan aksiologi
Jumlah Halaman | 312 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-218-752-8 |
eISBN | 978-623-218-751-1 |