Logo Bacabuku
Pendidikan untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar, dan Kecerdasan

Pendidikan untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar, dan Kecerdasan

Prof. Dr. Achmad Sanusi
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini mengupas secara mendalam tentang sistem nilai yang menjadi dasar dari proses belajar, berpikir, dan pencapaian kearifan dalam kehidupan manusia. Penulis, Prof. Dr. Achmad Sanusi, menekankan bahwa belajar bukan sekadar menghafal atau memori, melainkan proses yang melibatkan keinginan kuat, kesenangan, dan kepercayaan yang diiringi dengan keimanan. Buku ini juga menyoroti pentingnya berpikir sebagai kemampuan alami yang seharusnya dimanfaatkan secara optimal, bukan dihindari karena dianggap merepotkan. Selain itu, buku ini menyajikan konsep Teori Umum tentang Nilai (General Theory of Values), yang meliputi nilai-nilai teologis, etis-hukum, logis-rasional, estetika, fisik-fisiologis, dan teleologis. Penulis juga menggambarkan bagaimana nilai-nilai Islam, yang dianggap sebagai agama terbaik, mendorong kemajuan umat Islam dan berkontribusi pada peradaban modern. Buku ini menggabungkan tiga bacaan utama: *The Jewish Phenomenon* oleh Steven Silbiger, *Project Demonstrating Excellence* oleh Richard Hawley Trowbridge, dan *Toward the ‘Smart State’* oleh Gabrielle C. Hurley, dengan konsep-konsep belajar, berpikir, dan sistem nilai yang dikembangkan oleh Prof. Sanusi. Buku ini dirancang untuk memicu refleksi dan pemahaman mendalam tentang pentingnya nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, serta bagaimana nilai-nilai tersebut dapat menjadi penggerak untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Penulis juga menekankan pentingnya menggabungkan kemampuan berpikir dan sistem nilai dalam mengembangkan karakter yang sejati, yang muncul dari jatidiri manusia dan diwujudkan dalam tindakan nyata.

Sinopsis ebook

Jika ditinjau dari perspektif filsafat pendidikan maka segenap pikiran perilaku dan tindakan manusia tak bisa dilepaskan dari filosofi pengetahuan dan sistem nilai yang menjadi pijakan hidupnya Dalam hal ini manusia tentu saja tidak akan pernah berhenti berpikir dan belajar Hasil dari proses berpikir dan belajar secara benar semestinya adalah tumbuhnya kearifan yang makin matang dalam diri manusia Kearifan inilah yang diharapkan mengejawantah secara utuh dalam karakter hakiki dan jati diri manusia Pokok bahasan buku ini mempertemukan proses berpikir dan belajar dengan filosofi pengetahuan dan sistem nilai Di dalamnya semua komponen itu dijalin berkelindan secara harmonis agar melahirkan kearifan atau kebijaksanaan dalam diri manusia demi mengarungi ganasnya belantara kehidupan Inilah sesungguhnya tujuan dari pendidikan untuk kearifan Buku ini merupakan elaborasi dari karya penulis yang sama dan sudah terbit sebelumnya Sistem Nilai Alternatif Wajah wajah Pendidikan Bandung Penerbit Nuansa Cendekia 2015 Kajian buku ini diharapkan turut berkontribusi dalam memperluas cakrawala dunia kependidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia Tak pelak buku ini menjadi salah satu bacaan wajib bagi para praktisi kependidikan pembuat kebijakan dan siapa saja yang terjun langsung dalam dunia pendidikan

Detail Buku

Jumlah Halaman 244
Kategori Filsafat
Penerbit Nuansa Cendekia
Tahun Terbit 2017
ISBN 978-602-350-106-9
eISBN 978-602-350-284-4
Pendidikan untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar, dan Kecerdasan

Pendidikan untuk Kearifan: Mempertimbangkan Kembali Sistem Nilai, Belajar, dan Kecerdasan

Prof. Dr. Achmad Sanusi