Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendidikan seni tari bagi anak usia dini, yang merupakan bagian penting dari pembentukan karakter dan pengembangan kreativitas anak sejak usia dini. Buku ini terdiri dari beberapa bab yang menjelaskan konsep dasar seni tari, seperti definisi, unsur-unsur dasar tari, fungsi seni tari, dan jenis-jenis tari. Selanjutnya, buku ini juga membahas secara mendalam tentang pendidikan seni tari di PAUD, termasuk karakteristik tari PAUD, belajar gerak tari, kreativitas dalam gerak tari, serta apresiasi seni tari yang diberikan kepada anak usia dini. Buku ini dirancang untuk menjadi sumber referensi bagi para pendidik, guru, dan orang tua dalam mengembangkan pendidikan seni tari yang bermakna dan bermanfaat bagi anak-anak. Selain itu, buku ini juga menjelaskan urgensi pendidikan seni bagi anak usia dini, serta bagaimana seni tari dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan motorik, emosional, dan sosial anak. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya pendidikan seni tari dalam konteks pendidikan usia dini.
Seni tari merupakan salah satu cabang seni yang biasanya lazim diajarkan di PAUD Hal ini bukan tanpa sebab seni tari merupakan salah satu pembelajaran penting yang dapat mengembangkan aspek aspek perkembangan anak antara lain aspek motorik kognitif sosial emosional dan bahasa Dan yang penting untuk digaris bawahi yakni pendidikan seni tari di PAUD tidak bertujuan untuk menjadikan anak ahli dibidang seni khususnya seni tari Namun seni tari merupakan salah satu kegiatan yang dapat membantu anak mencapai tingkat perkembangannya sebagaimana usianya Dengan demikian seni tari tidak hanya mengajarkan gerak semata Akan tetapi di lain sisi juga dapat dijadikan sebagai sarana penanaman nilai nilai kehidupan kepada anak sedini mungkin Penanaman nilai nilai kehidupan ini dikarenakan di dalam tari penuh dengan simbolik dan filosofis Setiap gerak yang diciptakan ataupun dilakukan mempunyai makna sendiri Oleh karena itu pembelajaran seni tari seharusnya tidak hanya mengembangkan kemampuan menari atau ranah psikomotorik saja akan tetapi juga mencakup ranah afektif dan kognitif
Jumlah Halaman | 164 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-6948-14-4 |
eISBN |