Pendidikan orang dewasa adalah usaha penyelenggaraan pendidikan bagi orang dewasa Pendidikan orang dewasa ditujukan pada orang dewasa Istilah dewasa disebutkan karena didasarkan atas kelengkapan kondisi fisik termasuk umur dan juga kejiwaannya serta dapat memenuhi berperan sesuai dengan tuntutan tugas dari status yang dimilikinya Pendidikan orang dewasa dapat dilakukan secara mandiri self education yang tidak tergantung pada lembaga pendidikan yang menyusun program pendidikan Orang dewasa sebagai peserta didik sangat unik dan berbeda dengan anak usia dini dan anak remaja Proses pembelajaran orang dewasa akan berlangsung jika dia terlibat langsung idenya dihargai dan materi ajar sangat dibutuhkannya atau berkaitan dengan profesinya serta sesuatu yang baru bagi dirinya Permasalahan perilaku yang sering timbul dalam program pendidikan orang dewasa yaitu mendapat hal baru timbul ketidaksesuaian bosan teori yang muluk sulit dipraktikkan resep petunjuk baru mandiri tidak spesifik dan sulit menerima perubahan Proses pendidikan orang dewasa bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memperkaya pengetahuan meningkatkan kualifikasi teknis dan jiwa profesionalisme para pesertanya Proses pendidikan orang dewasa harus mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang bersifat sebagai perkembangan pribadi dan peningkatan partisipasi sosial dari individu yang bersangkutan Pendidikan orang dewasa adalah usaha penyelenggaraan pendidikan bagi orang dewasa Pendidikan orang dewasa ditujukan pada orang dewasa Istilah dewasa disebutkan karena didasarkan atas kelengkapan kondisi fisik termasuk umur dan juga kejiwaannya serta dapat memenuhi berperan sesuai dengan tuntutan tugas dari status yang dimilikinya Pendidikan orang dewasa dapat dilakukan secara mandiri self ...education yang tidak tergantung pada lembaga pendidikan yang menyusun program pendidikan Orang dewasa sebagai peserta didik sangat unik dan berbeda dengan anak usia dini dan anak remaja Proses pembelajaran orang dewasa akan berlangsung jika dia terlibat langsung idenya dihargai dan materi ajar sangat dibutuhkannya atau berkaitan dengan profesinya serta sesuatu yang baru bagi dirinya Permasalahan perilaku yang sering timbul dalam program pendidikan orang dewasa yaitu mendapat hal baru timbul ketidaksesuaian bosan teori yang muluk sulit dipraktikkan resep petunjuk baru mandiri tidak spesifik dan sulit menerima perubahan Proses pendidikan orang dewasa bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memperkaya pengetahuan meningkatkan kualifikasi teknis dan jiwa profesionalisme para pesertanya Proses pendidikan orang dewasa harus mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang bersifat sebagai perkembangan pribadi dan peningkatan partisipasi sosial dari individu yang bersangkutan