Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendidikan orang dewasa (POD), yang merupakan upaya penyelenggaraan pendidikan yang ditujukan pada individu dewasa. Buku ini menjelaskan karakteristik orang dewasa, termasuk kebutuhan, sikap, dan perilaku mereka dalam proses belajar. Penulis menjelaskan berbagai aspek penting dalam pendidikan orang dewasa, seperti prinsip belajar, metode dan media pembelajaran, peran fasilitator, serta strategi pembelajaran yang efektif. Selain itu, buku ini juga membahas tentang teknik pembelajaran orang dewasa, termasuk kebutuhan belajar, proses belajar dalam penyuluhan, dan jenis-jenis pendidikan serta pelatihan yang relevan. Buku ini juga menyebutkan berbagai model pembelajaran, gaya belajar, dan jenis kursus pendek yang dapat digunakan dalam konteks pendidikan orang dewasa. Buku ini sangat relevan bagi para dosen, widyaiswara, pembimbing, fasilitator, pemandu, penyuluh, dan sejawatnya, karena memberikan wawasan mendalam dan praktis dalam penyelenggaraan pendidikan bagi orang dewasa. Buku ini dirancang untuk mendukung pengembangan partisipasi sosial dan perkembangan pribadi individu dewasa melalui pendidikan yang tepat dan efektif.
Pendidikan orang dewasa adalah usaha penyelenggaraan pendidikan bagi orang dewasa Pendidikan orang dewasa ditujukan pada orang dewasa Istilah dewasa disebutkan karena didasarkan atas kelengkapan kondisi fisik termasuk umur dan juga kejiwaannya serta dapat memenuhi berperan sesuai dengan tuntutan tugas dari status yang dimilikinya Pendidikan orang dewasa dapat dilakukan secara mandiri self education yang tidak tergantung pada lembaga pendidikan yang menyusun program pendidikan Orang dewasa sebagai peserta didik sangat unik dan berbeda dengan anak usia dini dan anak remaja Proses pembelajaran orang dewasa akan berlangsung jika dia terlibat langsung idenya dihargai dan materi ajar sangat dibutuhkannya atau berkaitan dengan profesinya serta sesuatu yang baru bagi dirinya Permasalahan perilaku yang sering timbul dalam program pendidikan orang dewasa yaitu mendapat hal baru timbul ketidaksesuaian bosan teori yang muluk sulit dipraktikkan resep petunjuk baru mandiri tidak spesifik dan sulit menerima perubahan Proses pendidikan orang dewasa bertujuan untuk mengembangkan kemampuan memperkaya pengetahuan meningkatkan kualifikasi teknis dan jiwa profesionalisme para pesertanya Proses pendidikan orang dewasa harus mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang bersifat sebagai perkembangan pribadi dan peningkatan partisipasi sosial dari individu yang bersangkutan
Jumlah Halaman | 162 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Gava Media |
Tahun Terbit | 2017 |
ISBN | 978-602-6948-52-6 |
eISBN | 978-602-5568-11-7 |