Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus di penuhi Tanpa pendidikan mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi cita cita untuk maju sejahtera dan bahagia Semakin tinggi cita cita manusia semakin tinggi juga tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai sarana mencapai cita cita tersebut Akan tetapi hal ini sulit sekali dicapai bangsa Indonesia ketika berada dalam alam kolonial Pendidikan pada masa kolonial Belanda menunjukkan bahwa Belanda belum bersungguh sungguh memajukan pengajaran rakyat Sekolah yang mereka dirikan bukan untuk mendidik bangsa Indonesia menjadi manusia cerdas dan terampil melainkan memiliki tujuan yang lebih menguntungkan bagi pemerintah Belanda yaitu untuk memenuhi kebutuhan pegawai administrasi rendahan Pendidikan pada masa kolonial tidak memandang kualitas pendidikan yang sebenarnya Oleh karena itu bangsa Indonesia tidak serta merta menggantungkan nasibnya pada pendidikan yang di selenggarakan pemerintah kolonial Bangsa Indonesia pun berusaha menyelenggarakan sistem pengajaran dengan tujuan mendidik bangsa sendiri Hal ini menunjukkan semangat bangsa Indonesia untuk mencapai kemajuan ditengah sempitnya kesempatan yang diberikan pemerintah kolonialterhadap bangsa Indonesia Secara umum buku ini menyajikan materi tentang sejarah pendidikan Indonesia pada masa kolonial dan pengaruh yang di timbulkannya Mengingat pentingnya kandungan materi yang ada di dalamnya membuat buku ini layak untuk menjadi bahan referensi tentang sejarah pendidikan Indonesia terutama pada masa penjajahan Belanda Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus di penuhi Tanpa pendidikan mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi cita cita untuk maju sejahtera dan bahagia Semakin tinggi cita cita manusia semakin tinggi juga tuntutan untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai sarana mencapai cita cita tersebut Akan ...tetapi hal ini sulit sekali dicapai bangsa Indonesia ketika berada dalam alam kolonial Pendidikan pada masa kolonial Belanda menunjukkan bahwa Belanda belum bersungguh sungguh memajukan pengajaran rakyat Sekolah yang mereka dirikan bukan untuk mendidik bangsa Indonesia menjadi manusia cerdas dan terampil melainkan memiliki tujuan yang lebih menguntungkan bagi pemerintah Belanda yaitu untuk memenuhi kebutuhan pegawai administrasi rendahan Pendidikan pada masa kolonial tidak memandang kualitas pendidikan yang sebenarnya Oleh karena itu bangsa Indonesia tidak serta merta menggantungkan nasibnya pada pendidikan yang di selenggarakan pemerintah kolonial Bangsa Indonesia pun berusaha menyelenggarakan sistem pengajaran dengan tujuan mendidik bangsa sendiri Hal ini menunjukkan semangat bangsa Indonesia untuk mencapai kemajuan ditengah sempitnya kesempatan yang diberikan pemerintah kolonialterhadap bangsa Indonesia Secara umum buku ini menyajikan materi tentang sejarah pendidikan Indonesia pada masa kolonial dan pengaruh yang di timbulkannya Mengingat pentingnya kandungan materi yang ada di dalamnya membuat buku ini layak untuk menjadi bahan referensi tentang sejarah pendidikan Indonesia terutama pada masa penjajahan Belanda