Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendidikan lingkungan yang berbasis nilai-nilai Pancasila, dengan fokus pada peran penting lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam membentuk karakter dan sikap individu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu: 1. Pola Perilaku yang Umum dalam Masyarakat: Mengupas tentang gotong royong, ramah tamah, dan sopan santun sebagai nilai-nilai sosial yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. 2. Produk Budaya Masyarakat: Menjelaskan berbagai bentuk produk budaya seperti pakaian, rumah, komunikasi, dan pangan yang mencerminkan identitas dan nilai-nilai budaya masyarakat. 3. Perilaku dan Sikap Masyarakat yang Multikutural: Menganalisis perilaku dan sikap positif serta negatif dalam masyarakat multikultural, serta bagaimana cara menangani perilaku negatif tersebut. 4. Peran Keluarga dalam Pendidikan Lingkungan: Memaparkan peran keluarga dalam pembinaan intelektual, akidah dan akhlak, serta kepribadian dan sosial anak. 5. Peran Sekolah dalam Pembentukan Pribadi Anak: Menjelaskan peran sekolah sebagai tempat pembelajaran nilai-nilai Pancasila, termasuk pembelajaran jujur, komunikatif, religius, mandiri, dan kreatif. 6. Peran Seluruh Anggota Masyarakat dan Pemerintah: Menguraikan peran masyarakat dan pemerintah sebagai pelayan, fasilitator, pendamping, dan mitra dalam membangun lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. 7. Strategi Membangun Lingkungan Ideal: Memberikan strategi untuk meningkatkan kemandirian dan keberdayaan masyarakat di berbagai bidang, serta meningkatkan fungsi masyarakat dalam melakukan pengawasan sosial. Buku ini merupakan panduan yang komprehensif untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Buku ini sangat relevan untuk para guru, orang tua, dan masyarakat umum yang ingin berkontribusi dalam pembentukan karakter dan lingkungan yang lebih baik.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendidikan lingkungan yang berbasis nilai-nilai Pancasila, dengan fokus pada peran penting lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam membentuk karakter dan sikap individu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Buku ini terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu: 1. Pola Perilaku yang Umum dalam Masyarakat: Mengupas tentang gotong royong, ramah tamah, dan sopan santun sebagai nilai-nilai sosial yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia. 2. Produk Budaya Masyarakat: Menjelaskan berbagai bentuk produk budaya seperti pakaian, rumah, komunikasi, dan pangan yang mencerminkan identitas dan nilai-nilai budaya masyarakat. 3. Perilaku dan Sikap Masyarakat yang Multikutural: Menganalisis perilaku dan sikap positif serta negatif dalam masyarakat multikultural, serta bagaimana cara menangani perilaku negatif tersebut. 4. Peran Keluarga dalam Pendidikan Lingkungan: Memaparkan peran keluarga dalam pembinaan intelektual, akidah dan akhlak, serta kepribadian dan sosial anak. 5. Peran Sekolah dalam Pembentukan Pribadi Anak: Menjelaskan peran sekolah sebagai tempat pembelajaran nilai-nilai Pancasila, termasuk pembelajaran jujur, komunikatif, religius, mandiri, dan kreatif. 6. Peran Seluruh Anggota Masyarakat dan Pemerintah: Menguraikan peran masyarakat dan pemerintah sebagai pelayan, fasilitator, pendamping, dan mitra dalam membangun lingkungan yang sehat dan berkelanjutan. 7. Strategi Membangun Lingkungan Ideal: Memberikan strategi untuk meningkatkan kemandirian dan keberdayaan masyarakat di berbagai bidang, serta meningkatkan fungsi masyarakat dalam melakukan pengawasan sosial. Buku ini merupakan panduan yang komprehensif untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Buku ini sangat relevan untuk para guru, orang tua, dan masyarakat umum yang ingin berkontribusi dalam pembentukan karakter dan lingkungan yang lebih baik.
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-127-2 |
eISBN |