Buku ajar ini disusun dengan bahasa yang mudah dicerna oleh pembaca mahasiswa untuk mengakomodir materi PKn yang cenderung abstrak Buku ini berusaha untuk tampil kontekstual sehingga mudah diikuti dan dipahami oleh pembaca Penulis juga menyajikan banyak ilustrasi sebagai penjelas Penulis menyadari gambar ilustrasi lebih bisa menyampaikan banyak hal dibanding sekedar kata kata Buku ajar PKn SD edisi revisi ini disusun menjadi delapan bab Bab I membahas paradigma PKn di SD Bab II mengupas dimensi pembelajaran PKn di SD Bab III mendiskusikan makna warga negara yang demokratis Sedangkan Bab IV mengkaji konsep nilai norma dan moral dalam PKn Selanjutnya Bab V membahas karakteristik materi PKn SD Bab VI mengulas pengembangan materi PKn di SD Bab VII mendiskusikan pendidikan demokrasi dan penanaman nilai nilai Pancasila pada siswa SD Akhirnya ditutup Bab VIII dengan mengkaji beberapa contoh praktik pendidikan demokrasi dan penanaman nilai nilai Pancasila pada siswa SD Buku ajar ini disusun dengan bahasa yang mudah dicerna oleh pembaca mahasiswa untuk mengakomodir materi PKn yang cenderung abstrak Buku ini berusaha untuk tampil kontekstual sehingga mudah diikuti dan dipahami oleh pembaca Penulis juga menyajikan banyak ilustrasi sebagai penjelas Penulis menyadari gambar ilustrasi lebih bisa menyampaikan banyak hal dibanding sekedar kata ...kata Buku ajar PKn SD edisi revisi ini disusun menjadi delapan bab Bab I membahas paradigma PKn di SD Bab II mengupas dimensi pembelajaran PKn di SD Bab III mendiskusikan makna warga negara yang demokratis Sedangkan Bab IV mengkaji konsep nilai norma dan moral dalam PKn Selanjutnya Bab V membahas karakteristik materi PKn SD Bab VI mengulas pengembangan materi PKn di SD Bab VII mendiskusikan pendidikan demokrasi dan penanaman nilai nilai Pancasila pada siswa SD Akhirnya ditutup Bab VIII dengan mengkaji beberapa contoh praktik pendidikan demokrasi dan penanaman nilai nilai Pancasila pada siswa SD