Anggota Pramuka yang memiliki kebutuhan khusus adalah anggota Pramuka yang terdiri dari anggota muda anggota dewasa muda dan anggota dewasa yang merupakan bagian dari komponen sumber daya manusia yang perlu mendapat perhatian dalam pengembangan baik secara kuantitas maupun kualitas Anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk mengikuti pendidikan kepramukaan sesuai dengan perkembangan dan kemampuannya baik secara inklusif maupun segregasi sehingga mereka dapat mengembangkan berbagai potensi yang dapat membentuk watak dan karakter dalam kehidupan sehari hari Buku Pendidikan Kepramukaan implementasi pada Pendidikan Khusus disusun dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan bacaan agar guru memahami tentang pendidikan kepramukaan pada pendidikan khusus memahami tahapan penyelenggaraan gugusdepan baik secara organisasi maupun pengelolaan satuan menumbuhkan kreativitas kegiatan pembinaan pendidikan kepramukaan pada satuan pendidikan khusus memahami penerapan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan memahami penilaian pendidikan kepramukaan dengan melalui Sistim Tanda KecakapanAnggota Pramuka yang memiliki kebutuhan khusus adalah anggota Pramuka yang terdiri dari anggota muda anggota dewasa muda dan anggota dewasa yang merupakan bagian dari komponen sumber daya manusia yang perlu mendapat perhatian dalam pengembangan baik secara kuantitas maupun kualitas Anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk mengikuti pendidikan kepramukaan sesuai dengan perkembangan ...dan kemampuannya baik secara inklusif maupun segregasi sehingga mereka dapat mengembangkan berbagai potensi yang dapat membentuk watak dan karakter dalam kehidupan sehari hari Buku Pendidikan Kepramukaan implementasi pada Pendidikan Khusus disusun dengan harapan dapat dijadikan sebagai bahan bacaan agar guru memahami tentang pendidikan kepramukaan pada pendidikan khusus memahami tahapan penyelenggaraan gugusdepan baik secara organisasi maupun pengelolaan satuan menumbuhkan kreativitas kegiatan pembinaan pendidikan kepramukaan pada satuan pendidikan khusus memahami penerapan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan memahami penilaian pendidikan kepramukaan dengan melalui Sistim Tanda Kecakapan