Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren

Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren

Retno Anisa Larasati

Telah di baca oleh 0 pemustaka, dengan total durasi baca 00:00:00

Deskripsi Buku

Permasalahan pendidikan kecakapan vokasional di Pesantren merupakan permasalahan yang belum terpecahkan sejalan dengan kompleksitas perubahan lingkungan baik dalam sisi implementasi dan evaluasi terutama berkaitan dengan peningkatan keterampilan Uji kasus ini memiliki tujuan umum untuk mendeskripsikan menggambarkan dan menghasilkan model hipotetik pendidikan kecakapan vokasional di Pondok Pesantren dan memiliki tujuan khusus untuk mendeskripsikan menggambarkan dan menganalisis tentang a Pendidikan kecakapan vokasional b Proses implementasi pendidikan kecakapan vokasional c Evaluasi implementasi pendidikan kecakapan vokasional d Kemitraan yang dilaksanakan e Tuntutan dan harapan pendidikan kecakapan vokasional dalam peningkatan keterampilan f Masalah masalah yang dihadapi dalam implementasi pendidikan kecakapan vokasional dan g Upaya dan langkah antisipatif yang dilakukan Grand Teory dalam uji kasus ini menggunakan 1 Teori manajemen modern dari Maslow 1943 dan 2 Teori Pendidikan Vokasional dari Proser 1950 dan Dewey 1915 Prosedur uji kasus yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan 1 Observasi 2 Wawancara dan 3 Dokumentasi Hasil uji kasus menunjukan bahwa 1 Pendidikan kecakapan vokasional di Pondok Pesantren masih kurang efektif 2 Tahap implementasi kecakapan vokasional di pondok pesantren belum sesuai dengan kebijakan pemerintah 4 Tahap evaluasi di pondok pesantren belum efektif 5 Kemitraan yang dilakukan Pondok Pesantren dengan DUDI dan Pemerintah masih kurang maksimal 6 Tuntutan dan harapan dari masyarakat agar terciptanya pendidikan kecakapan vokasional di Pesantren yang berkualitas belum semuanya terpenuhi sehingga harapannya santri setelah lulus belum memiliki keyakinan dan kepercayaan diri untuk peningkatan keterampilannya 7 Permasalahan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan kecakapan vokasional yang paling utama adalah belum tersedianya SDM yang benar benar menguasai pendidikan kecakapan vokasional sehingga proses pembelajaran kurang maksimal 8 Upaya dan langkah antisipatif yang dilakukan oleh Pesantren dalam menanggulangi masalah SDM atau tutor yang kurang profesional adalah mengusahakan akses pelatihan atas program program pelatihan kecakapan vokasional untuk Tutor Kesimpulan dalam uji kasus ini menunjukan bahwa pendidikan kecakapan vokasional dalam upaya meningkatkan keterampilan di Pondok Pesantren masih kurang maksimal Hal ini terbukti bahwa lulusan pesantren hanya sedikit yang memiliki keterampilan Pendidikan kecakapan vokasional di pesantren lebih cenderung memberikan teori dibandingkan praktek sehingga stategi pembelajaran yang diberikan kurang komprehensif inovatif dan kreatif Permasalahan pendidikan kecakapan vokasional di Pesantren merupakan permasalahan yang belum terpecahkan sejalan dengan kompleksitas perubahan lingkungan baik dalam sisi implementasi dan evaluasi terutama berkaitan dengan peningkatan keterampilan Uji kasus ini memiliki tujuan umum untuk mendeskripsikan menggambarkan dan menghasilkan model hipotetik pendidikan kecakapan vokasional di Pondok Pesantren dan memiliki tujuan khusus untuk ...

Style

MLA Style
Larasati, Retno Anisa. Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2021. Online.
Chicago Style
Larasati, Retno Anisa. Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2021.
Turabian Style
Larasati, Retno Anisa. Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2021.
APA Style
Larasati, Retno Anisa. (2021). Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Harvard Style
Larasati, Retno Anisa, 2021, Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren, CV Media Sains Indonesia, Bandung.
IEEE Style
Retno Anisa Larasati. Pendidikan Kecakapan Vokasional di Pesantren. Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2021.

Detail Buku

Jumlah Halaman
291
Kategori
Sub Kategori
Tahun Terbit
ISBN
noisbn
eISBN
978-623-362-128-1

Buku Rekomendasi

Lihat Semua