Sinopsis Buku: Pendidikan Kaum Tertindas Buku ini membahas gagasan-gagasan penting tentang pendidikan sebagai alat pembebasan dan perubahan sosial. Paulo Freire menggambarkan pendidikan bukan hanya sebagai proses transfer pengetahuan, melainkan sebagai praktik kebebasan yang melibatkan dialog antara pengajar dan peserta didik. Dalam buku ini, ia menyoroti pentingnya kesadaran kritis dan partisipasi aktif dalam proses pendidikan, terutama bagi kelompok yang terpinggirkan dan terjajah. Freire juga mengkritik pendidikan yang bersifat otoriter dan tidak inklusif, yang justru memperkuat struktur penindasan. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana untuk membangun kesadaran kritis, mengembangkan kekuatan individu, dan menciptakan masyarakat yang lebih adil. Dengan pendekatan dialogika, buku ini menawarkan alternatif pendidikan yang lebih manusiawi dan berdaya guna bagi semua lapisan masyarakat.
Sinopsis Buku: Pendidikan Kaum Tertindas Buku ini membahas gagasan-gagasan penting tentang pendidikan sebagai alat pembebasan dan perubahan sosial. Paulo Freire menggambarkan pendidikan bukan hanya sebagai proses transfer pengetahuan, melainkan sebagai praktik kebebasan yang melibatkan dialog antara pengajar dan peserta didik. Dalam buku ini, ia menyoroti pentingnya kesadaran kritis dan partisipasi aktif dalam proses pendidikan, terutama bagi kelompok yang terpinggirkan dan terjajah. Freire juga mengkritik pendidikan yang bersifat otoriter dan tidak inklusif, yang justru memperkuat struktur penindasan. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana untuk membangun kesadaran kritis, mengembangkan kekuatan individu, dan menciptakan masyarakat yang lebih adil. Dengan pendekatan dialogika, buku ini menawarkan alternatif pendidikan yang lebih manusiawi dan berdaya guna bagi semua lapisan masyarakat.