Sinopsis Buku: Buku ini membahas pentingnya pendidikan karakter pada masa remaja sebagai upaya untuk mengendalikan kenakalan siswa melalui pendekatan literasi. Dalam konteks ini, pendidikan karakter dijelaskan sebagai proses pembentukan kepribadian, budi pekerti, dan perilaku yang sehat, yang bertujuan untuk membentuk individu yang lebih baik dan berakhlak tinggi. Pendidikan karakter dianggap sebagai bagian integral dari proses belajar-mengajar di sekolah, terutama dalam upaya mengembangkan nilai-nilai luhur yang relevan dengan tuntutan zaman. Di sisi lain, literasi digambarkan sebagai alat utama dalam membentuk karakter remaja. Literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga mencakup kemampuan memahami, menganalisis, dan mengaplikasikan informasi secara kritis dan kreatif. Literasi media khususnya menjadi fokus dalam upaya meningkatkan kesadaran remaja terhadap dampak positif dan negatif dari penggunaan media dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini juga menyajikan studi kasus tentang penerapan pendidikan karakter melalui literasi di SMAN 1 Pacitan, yang menunjukkan bagaimana pendekatan ini dapat diimplementasikan secara efektif dalam lingkungan sekolah. Dengan pendekatan yang holistik, buku ini memberikan wawasan penting tentang peran pendidikan karakter dalam membentuk generasi muda yang berakhlak dan berwawasan luas, serta bagaimana literasi dapat menjadi sarana utama dalam proses tersebut.
Buku Pendidikan Karakter Remaja melalui Literasi ini bertujuan agar dapat mengendalikan kenakalan remaja dengan kegiatan yang positif Dengan cara mengajak remaja untuk meningkatkan keinginan membaca buku atau bahkan menulis buku Dengan adanya literasi tersebut diharapkan remaja mempunyai karakter yang lebih baik
Jumlah Halaman | 58 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Indocamp |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-623-252-383-8 |
eISBN | 978-623-252-643-3 |