Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendidikan karakter yang efektif di era milenial, dengan fokus pada pentingnya pembentukan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menjelaskan bahwa karakter adalah perilaku manusia yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan yang berdasarkan norma-norma agama, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Karakter yang baik dianggap sebagai bentuk keberadaan seseorang yang selalu berusaha melakukan hal-hal terbaik untuk Tuhan, sesama manusia, lingkungan, bangsa, dan dunia internasional. Selain itu, buku ini juga menjelaskan konsep pilar-pilar pendidikan karakter, yang berdasarkan pendapat para ahli seperti Socrates, Majid, dan Andayani. Penulis menjelaskan bahwa karakter bukan hanya tentang watak atau tabiat seseorang, tetapi juga tentang bagaimana seseorang mampu mengoptimalkan potensi diri, disertai dengan kesadaran, emosi, dan motivasi yang tepat. Buku ini merupakan kumpulan dari berbagai penelitian dan jurnal penulis yang terkait dengan pendidikan karakter, serta didukung oleh teori-teori pendidikan yang relevan. Buku ini sangat relevan bagi pendidik, orang tua, dan individu yang ingin memahami dan menerapkan pendidikan karakter secara efektif di era yang penuh tantangan dan dinamis.
Pendidikan karakter bagi anak di usia milenium dimulai dengan pencerminan lingkungan yang baik dalam keluarga Jika karakter atau moral seluruh anggota keluarga baik maka lingkungan masyarakat juga akan baik Mempromosikan anak anak di masyarakat dengan mendorong kegiatan positif gotong royong persahabatan dan dialog keagamaan yang interaktif Masyarakat dituntut berperan dalam menciptakan masyarakat yang nyaman dan peduli terhadap pendidikan Masyarakat diharapkan dapat terlibat aktif dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekitarnya Selanjutnya lingkungan pendidikan harus bersinergi secara harmonis sehingga terbentuk pendidikan yang terintegrasi antara lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat Integrasi tersebut akan menciptakan masyarakat yang harmonis Dengan demikian diharapkan karakter anak menjadi baik pula Salah satu faktor yang menyebabkan anak dapat memperoleh kecerdasan dan karakter yang baik karena didukung oleh faktor keluarga sekolah dan masyarakat Ketiganya merupakan satu kesatuan yang utuh dan saling melengkapi Ketiga lingkungan tersebut harus mampu menjalankan fungsinya sebagai sarana pemberian motivasi pendidikan edukatif kepada anak wahana pengembangan potensi pada anak
Jumlah Halaman | 154 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Penerbit Adab |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-6233-52-8 |
eISBN |