Sinopsis Buku: Buku *Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya* merupakan karya yang mengupas secara mendalam konsep pendidikan karakter, baik dari sudut pandang teori maupun praktis. Penulis, Dra. Hj. Aisyah M. Ali, M.Pd., menghadirkan fakta, data, konsep, teori, dan filsafat terkait pembentukan karakter manusia yang baik dan terpuji. Buku ini tidak hanya menjelaskan konsep pendidikan karakter secara teoretis, tetapi juga memberikan panduan nyata bagi para pendidik dalam melaksanakannya di sekolah maupun dalam berbagai lingkungan sosial. Penulis menekankan bahwa pendidikan karakter bukanlah proses yang selesai dalam waktu singkat, melainkan sebuah proses yang berkelanjutan, tanpa akhir. Dengan demikian, pendidik dituntut untuk memiliki komitmen dan konsistensi dalam membentuk karakter individu maupun kelompok. Buku ini juga menjadi referensi yang bermanfaat bagi guru, dosen, legislatif, yudikatif, dan eksekutif dalam upaya memperkuat nilai-nilai moral, etika, dan kebangsaan. Selain itu, buku ini juga menggambarkan tantangan yang dihadapi masyarakat modern, seperti masalah narkoba, korupsi, nepotisme, dan berbagai bentuk kejahatan lainnya, yang semuanya berkaitan erat dengan kurangnya pendidikan karakter. Dengan penjelasan yang jelas dan terstruktur, buku ini bertujuan untuk menjadi pedoman bagi semua pihak dalam upaya membangun masyarakat yang lebih baik, sehat, dan berakhlak. Dengan menggabungkan konsep, teori, dan praktik, *Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya* menjadi buku yang relevan dan penting dalam konteks pendidikan dan pembentukan masyarakat yang berkarakter.
Pentingnya pendidikan karakter telah menjadi kesadaran masyarakat luas akan tetapi pelaksanaannya kerap kali mengalami hambatan yang disebabkan keterbatasan berbagai keterampilan dan kemampuan satuan pendidikan yang menerapkannya Di samping itu tingkat pemahaman satuan pendidikan yang beragam juga menjadi hambatan yang tak terhindarkan Permasalahan di atas serta pengalaman bertahun tahun menjadi pendidik mendorong penulis menyajikan sebuah analisis tajam yang membongkar akar permasalahan serta menawarkan solusi alternatif dalam pengembangan program pendidikan karakter pada satuan pendidikan Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya tidak hanya menelaah pendapat beberapa ahli yang didasarkan pada kebijakan pemerintah dalam pembangunan dan pengembangan pendidikan di Indonesia Poin yang sangat menarik lainnya adalah tawaran penulis mengenai peer group model keteladanan teman sebaya dalam rangka membangun keteladanan di lingkungan sekolah Di tengah urgensi membangun dan membenahi pendidikan karakter di satuan pendidikan buku ini kelak dipercaya sebagai satu referensi dan panduan bagi kepala satuan pendidikan pendidik dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada satuan pendidikan
Jumlah Halaman | 260 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-422-456-1 |
eISBN | 978-602-422-765-4 |