Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pendidikan karakter yang merupakan bagian penting dalam upaya membentuk peserta didik yang berakhlak, beradab, bermoral, dan memiliki nilai-nilai kehidupan yang baik. Penulis menjelaskan bahwa pendidikan karakter bukan hanya sekadar teori, tetapi harus diimplementasikan secara nyata dalam lingkungan sekolah. Dalam buku ini, pendidikan karakter dikembangkan berdasarkan empat sifat baik Nabi Muhammad SAW, yaitu *Fathonah* (bijak), *Amanah* (jujur), *Shiddiq* (benar), dan *Tabligh* (mengajarkan). Keempat sifat ini mencakup seluruh delapan belas nilai karakter yang ditetapkan pemerintah untuk diterapkan di berbagai jenjang pendidikan. Buku ini juga menyajikan hasil penelitian yang dilakukan di Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Al-Azhaar Tulungagung, yang menunjukkan bagaimana pendidikan karakter berdasarkan sifat-sifat Nabi dapat diaplikasikan dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penulis berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi para pendidik, sekolah, dan orang tua dalam membangun lingkungan pendidikan yang lebih baik, sekaligus menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Indonesia.
Buku ini mempunyai arti penting bagi para pendidik orang tua maupun peserta didik Pendidikan karakter telah lama didengung dengungkan di lingkungan pendidikan namun demikian perilaku peserta didik masih jauh dari harapan dengan adanya pendidikan kara
Jumlah Halaman | 99 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Deepublish |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-02-0127-1 |
eISBN | 978-623-02-0194-3 |