Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan karakter dalam kerangka paradigma pedagogi kritis, dengan fokus pada upaya-upaya pengembangan nilai-nilai moral dan nonmoral yang mendasari pembentukan karakter siswa. Buku ini terdiri dari enam bagian yang terinci dalam 22 bab, dengan struktur yang terorganisir dan komprehensif. Bagian pertama menjelaskan prinsip-prinsip dasar pendidikan karakter, sementara bagian kedua menguraikan berbagai metode yang dapat digunakan guru dalam mengajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Bagian ketiga berfokus pada cara-cara praktis untuk membantu siswa menanamkan dan menerapkan karakter secara mandiri. Bagian keempat menjelaskan pengembangan program pendidikan karakter di sekolah, termasuk karakter jujur, adil, peduli, dan menghargai. Bagian kelima dan keenam memberikan contoh-contoh evaluasi program pendidikan karakter dengan berbagai pendekatan, seperti uji korelasi, model CIPP, dan penelitian kualitatif. Buku ini merupakan panduan lengkap dan berharga bagi para pendidik dan pengelola pendidikan dalam meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan karakter dalam kerangka paradigma pedagogi kritis, dengan fokus pada upaya-upaya pengembangan nilai-nilai moral dan nonmoral yang mendasari pembentukan karakter siswa. Buku ini terdiri dari enam bagian yang terinci dalam 22 bab, dengan struktur yang terorganisir dan komprehensif. Bagian pertama menjelaskan prinsip-prinsip dasar pendidikan karakter, sementara bagian kedua menguraikan berbagai metode yang dapat digunakan guru dalam mengajarkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Bagian ketiga berfokus pada cara-cara praktis untuk membantu siswa menanamkan dan menerapkan karakter secara mandiri. Bagian keempat menjelaskan pengembangan program pendidikan karakter di sekolah, termasuk karakter jujur, adil, peduli, dan menghargai. Bagian kelima dan keenam memberikan contoh-contoh evaluasi program pendidikan karakter dengan berbagai pendekatan, seperti uji korelasi, model CIPP, dan penelitian kualitatif. Buku ini merupakan panduan lengkap dan berharga bagi para pendidik dan pengelola pendidikan dalam meningkatkan pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah.
Jumlah Halaman | 98 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
Tahun Terbit | 2018 |
ISBN | 978-602-482-748-9 |
eISBN |