Salah satu aspek yang dianggap penting untuk peningkatan kualitas pendidikan adalah pendidikan karakter Pendidikan karakter saat ini dinilai sebagai salah satu Upaya mengatasi strategis untuk membentuk Generasi Emas Indonesia 2045 Generasi emas adalah sekelompok orang yang diharapkan menjadi generasi penerus bagi bangsa dan negaranya sehingga harus terus diarahkan agar memiliki kualitas diri yang baik produktif dan berkarakter Tetapi penting untuk dipahami dan dijalankan bahwa pendidikan karakter haruslah melibatkan semua pihak yakni rumah tangga keluarga sekolah dan lingkungan sekolah lebih luas masyarakat Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyambung kembali hubungan dan educational networks yang nyaris terputus antara ketiga lingkungan pendidikan ini Di awal bab buku ini penulis memberikan uraian tentang hakikat karakter dan pendidikan karakter tujuan dan fungsi pendidikan karakter serta nilai dasar pendidikan karakter Pada bab dua dalam buku ini penulis menyajikan uraian tentang pendidikan karakter dalam keluarga yang meliputi peran dan fungsi keluarga nilai karakter dalam keluarga pola pengasuhan yang mempengaruhi karakter anak Bab tiga penulis menguraikan tentang urgensi pendidikan karakter di sekolah aspek penting karakter di sekolah dan penanaman nilai serta lingkungan sekolah yang berkarakter Dalam buku ini juga memberikan uraian tentang pendidikan karakter dan revolusi mental sebagai bagian dari upaya mengubah cara pandang pikir dan sikap perilaku cara kerja dan membangun sikap optimistik Pada bab terakhir penulis menguraikan tentang esensi Generasi Emas 2045 membangun karakter generasi emas dan upaya mencapai generasi emas 2045 dalam melahirkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan yang berdasarkan kebutuhan masyarakat global Salah satu aspek yang dianggap penting untuk peningkatan kualitas pendidikan adalah pendidikan karakter Pendidikan karakter saat ini dinilai sebagai salah satu Upaya mengatasi strategis untuk membentuk Generasi Emas Indonesia 2045 Generasi emas adalah sekelompok orang yang diharapkan menjadi generasi penerus bagi bangsa dan negaranya sehingga harus terus diarahkan agar memiliki kualitas ...diri yang baik produktif dan berkarakter Tetapi penting untuk dipahami dan dijalankan bahwa pendidikan karakter haruslah melibatkan semua pihak yakni rumah tangga keluarga sekolah dan lingkungan sekolah lebih luas masyarakat Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyambung kembali hubungan dan educational networks yang nyaris terputus antara ketiga lingkungan pendidikan ini Di awal bab buku ini penulis memberikan uraian tentang hakikat karakter dan pendidikan karakter tujuan dan fungsi pendidikan karakter serta nilai dasar pendidikan karakter Pada bab dua dalam buku ini penulis menyajikan uraian tentang pendidikan karakter dalam keluarga yang meliputi peran dan fungsi keluarga nilai karakter dalam keluarga pola pengasuhan yang mempengaruhi karakter anak Bab tiga penulis menguraikan tentang urgensi pendidikan karakter di sekolah aspek penting karakter di sekolah dan penanaman nilai serta lingkungan sekolah yang berkarakter Dalam buku ini juga memberikan uraian tentang pendidikan karakter dan revolusi mental sebagai bagian dari upaya mengubah cara pandang pikir dan sikap perilaku cara kerja dan membangun sikap optimistik Pada bab terakhir penulis menguraikan tentang esensi Generasi Emas 2045 membangun karakter generasi emas dan upaya mencapai generasi emas 2045 dalam melahirkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan yang berdasarkan kebutuhan masyarakat global