Paparan dalam buku ini diharapkan dapat menjadi handbook bagi para praktisi pendidikan guru dosen mahasiswa masyarakat pemerhati pendidikan yang setidaknya dapat memberikan gambaran tentang bagaimana mengelola pendidikan karakter dalam suatu sekolah Bagiamana idealnya peran lembaga pendidikan guru dan civitas lembaga pendidikan dalam mendesain pendidikan karakter merupakan langkah awal dalam menuju keberhasilan pendidikan karakter itu sendiri Kita yakini bahwa tidak ada pendidikan tanpa sebuah nilai dan tidak ada nilai yang tidak dikembangkan dalam sebuah sistem pendidikan Oleh karenanya pendidikan karakter menjadi sangat fundamental untuk membangun sebuah nilai kearifan nilai kebangsaan nilai luhur nilai peradaban suatu bangsa yang bermartabat Kita juga meyakini bahwa suatu bangsa suatu generasi akan kuat dan kompetitif jika bangsa dan generasi tersebut memiliki karakter yang kuat dan unggul berbasis pada jati diri bangsa itu sendiri Paparan dalam buku ini diharapkan dapat menjadi handbook bagi para praktisi pendidikan guru dosen mahasiswa masyarakat pemerhati pendidikan yang setidaknya dapat memberikan gambaran tentang bagaimana mengelola pendidikan karakter dalam suatu sekolah Bagiamana idealnya peran lembaga pendidikan guru dan civitas lembaga pendidikan dalam mendesain pendidikan karakter merupakan langkah awal dalam menuju keberhasilan ...pendidikan karakter itu sendiri Kita yakini bahwa tidak ada pendidikan tanpa sebuah nilai dan tidak ada nilai yang tidak dikembangkan dalam sebuah sistem pendidikan Oleh karenanya pendidikan karakter menjadi sangat fundamental untuk membangun sebuah nilai kearifan nilai kebangsaan nilai luhur nilai peradaban suatu bangsa yang bermartabat Kita juga meyakini bahwa suatu bangsa suatu generasi akan kuat dan kompetitif jika bangsa dan generasi tersebut memiliki karakter yang kuat dan unggul berbasis pada jati diri bangsa itu sendiri