Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep-konsep mendasar tentang pendidikan Islam dalam perspektif filsafat. Mulai dari penjelasan tentang hakikat filsafat dan filsafat pendidikan Islam, buku ini menjelaskan pengertian pendidikan Islam, urgensi pendidikan Islam, serta dasar dan tujuan pendidikan Islam. Selanjutnya, buku ini juga membahas hakikat ilmu pengetahuan menurut Islam, termasuk pengertian ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan, prosedur ilmiah, dan hubungan antara filsafat, ilmu, dan agama. Buku ini juga menjelaskan kontak pertama umat Islam dengan ilmu pengetahuan, sumber ilmu pengetahuan menurut Islam, serta pembagian ilmu dan integrasi keilmuan dalam pandangan Islam. Di bagian terakhir, buku ini membahas hakikat tujuan pendidikan Islam, prinsip umum yang menjadi dasar tujuan pendidikan Islam, aspek-aspek tujuan pendidikan Islam, serta implikasinya terhadap pendidikan Islam. Buku ini juga menyajikan pengertian dan ruang lingkup kurikulum pendidikan Islam serta prinsip umum dasar kurikulum pendidikan Islam. Dengan pendekatan yang komprehensif dan akademis, buku ini menjadi sumber referensi yang relevan bagi para akademisi, guru, dan pelaku pendidikan Islam dalam memahami konsep-konsep mendasar pendidikan Islam dari perspektif filsafat.
Sejatinya permasalahan pendidikan itu bersifat filosofis seperti tujuan pendidikan kurikulum pendidikan pendidik pengajar dan peserta didik metode dan evaluasi pendidikan serta aspek pendidikan yang memerlukan pembahasan filosofis Kajian tentang pendidikan Islam dari perspektif filsafat ini ditinjau dan dibahas dari berbagai aspek kehidupan manusia ruang lingkup esensinya haldkatnya antara lain aspek sejarah pemildran lembaga metodologi dan filsafat Pendalaman kajian textbook ini membahas filsafat dan filsafat pendidikan Islam hakikat pendidikan Islam hakikat alam semesta hakikat manusia haldkat ilmu pengetahuan hakikat tujuan pendidikan Islam hakikat kurikulum pendidikan Islam tinjauan filosofis tentang berbagai komponen dasar pendidikan Islam dan tinjauan filosofis tentang berbagai aspek pendidikan Islam Buku ini memperkaya khazanah literatur filsafat pendidikan Islam serta menjadi rujukan penting bagi para dosen pengajar terutama para mahasiswa Fakultas Tarbiyah di UIN IAIN dan PTAISN dan mahasiswa pascasarjana konsentrasi Pendidikan Islam
Jumlah Halaman | 182 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2014 |
ISBN | 978-602-7985-86-5 |
eISBN | 978-602-422-426-4 |