Sinopsis Buku: Buku ini membawa pembaca melakukan perjalanan sejarah dalam dunia pendidikan Islam, mulai dari masa pertumbuhan hingga kebangkitannya. Dalam buku ini, para penulis secara mendalam menguraikan pengertian, metode, dan kegunaan studi sejarah pendidikan Islam, serta menggambarkan peran penting Al-Qur’an dalam membentuk sejarah pendidikan tersebut. Buku ini juga membagi sejarah pendidikan Islam ke dalam beberapa periode, termasuk masa Rasulullah SAW dan masa Khulafaur Rasyidin, sebagai bagian dari upaya memahami perkembangan dan evolusi sistem pendidikan Islam sepanjang waktu. Selain itu, buku ini juga memberikan penjelasan singkat tentang pentingnya pendidikan Islam dalam konteks sosial, budaya, dan keagamaan, serta bagaimana pendidikan Islam berperan dalam membentuk kepribadian, kompetensi pedagogik, dan profesionalisme calon guru agama Islam. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk memperkaya bahan bacaan tentang sejarah pendidikan Islam, sesuai dengan silabus Fakultas Tarbiyah UIN Sumatera Utara, Medan, dan menjadi referensi bagi pembaca yang ingin memperdalam pemahaman tentang sejarah pendidikan Islam. Buku ini merupakan upaya penulis untuk memperkaya literatur sejarah pendidikan Islam, dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam dan memperkuat kompetensi calon guru. Penulis juga menyadari bahwa buku ini masih memiliki kekurangan, dan berharap masukan dari pembaca untuk perbaikan di masa depan.
Ditinjau dari esensi sejarah pendidikan Islam itu tidak hanya menguraikan atau menjelaskan secara deskriptif apa yang terjadi pada masa lampau tetapi juga analisis dari waktu ke waktu serta mengaitkan antara tiga dimensi waktu tanpa terpisah yaitu masa lampau masa sekarang dan masa yang akan datang Falsafah tiga dimensi waktu tersebut yang diuraikan dan dianalisis secara mendalam dalam buku ini serta mengetengahkan ibrah atau itibar apa yang diperoleh dari ungkapan deskripsi sejarah pendidikan Islam tersebut Pendidikan Islam dalam arti luas tidak hanya terbatas pada proses penstransferan ilmu knowledge nilai value dan keterampilan skill berdasarkan ajaran Islam namun juga mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan Islam secara luas yakni sejarah pendidikan Islam pemikiran pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam Berdasarkan metodologi kajian pendidikan Islam tersebut maka buku ini disusun untuk mengisi dan memperkuat kompetensi pedagosis kepribadian sosial dan profesionalisme calon guru pengajar pendidikan agama Islam baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi Buku ini menguraikan antara lain pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam pendidikan Islam pada masa kejayaan pendidikan Islam pada masa kemunduran pendidikan Islam pada masa pembaruan dan pendidikan Islam pada masa kebangkitannya
Jumlah Halaman | 246 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2016 |
ISBN | 978-602-7985-03-2 |
eISBN | 978-602-422-669-5 |