Ditinjau dari esensi sejarah pendidikan Islam itu tidak hanya menguraikan atau menjelaskan secara deskriptif apa yang terjadi pada masa lampau tetapi juga analisis dari waktu ke waktu serta mengaitkan antara tiga dimensi waktu tanpa terpisah yaitu masa lampau masa sekarang dan masa yang akan datang Falsafah tiga dimensi waktu tersebut yang diuraikan dan dianalisis secara mendalam dalam buku ini serta mengetengahkan ibrah atau itibar apa yang diperoleh dari ungkapan deskripsi sejarah pendidikan Islam tersebut Pendidikan Islam dalam arti luas tidak hanya terbatas pada proses penstransferan ilmu knowledge nilai value dan keterampilan skill berdasarkan ajaran Islam namun juga mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan Islam secara luas yakni sejarah pendidikan Islam pemikiran pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam Berdasarkan metodologi kajian pendidikan Islam tersebut maka buku ini disusun untuk mengisi dan memperkuat kompetensi pedagosis kepribadian sosial dan profesionalisme calon guru pengajar pendidikan agama Islam baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi Buku ini menguraikan antara lain pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam pendidikan Islam pada masa kejayaan pendidikan Islam pada masa kemunduran pendidikan Islam pada masa pembaruan dan pendidikan Islam pada masa kebangkitannya Ditinjau dari esensi sejarah pendidikan Islam itu tidak hanya menguraikan atau menjelaskan secara deskriptif apa yang terjadi pada masa lampau tetapi juga analisis dari waktu ke waktu serta mengaitkan antara tiga dimensi waktu tanpa terpisah yaitu masa lampau masa sekarang dan masa yang akan datang Falsafah tiga dimensi waktu tersebut yang ...diuraikan dan dianalisis secara mendalam dalam buku ini serta mengetengahkan ibrah atau itibar apa yang diperoleh dari ungkapan deskripsi sejarah pendidikan Islam tersebut Pendidikan Islam dalam arti luas tidak hanya terbatas pada proses penstransferan ilmu knowledge nilai value dan keterampilan skill berdasarkan ajaran Islam namun juga mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan Islam secara luas yakni sejarah pendidikan Islam pemikiran pendidikan Islam dan lembaga pendidikan Islam Berdasarkan metodologi kajian pendidikan Islam tersebut maka buku ini disusun untuk mengisi dan memperkuat kompetensi pedagosis kepribadian sosial dan profesionalisme calon guru pengajar pendidikan agama Islam baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi Buku ini menguraikan antara lain pengertian dan metodologi sejarah pendidikan Islam pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam pendidikan Islam pada masa kejayaan pendidikan Islam pada masa kemunduran pendidikan Islam pada masa pembaruan dan pendidikan Islam pada masa kebangkitannya