Perubahan Pendidikan Islam mengacu pada pendekatan baru dalam menghidupkan dan mengajarkan agama Islam dengan mengintegrasikan sistem pendidikan yang ada dengan sistem keagamaan Perubahan adalah keniscayaan yang terus terjadi Perubahan Pendidikan Islam dilalui dalam tiga perspektif normatif historis antroposentris dan ekosentris Tiga perspektif ini yang membawa perjalanan Pendidikan Islam untuk terus eksis hingga saat ini Penulis menjelaskan berbagai grand theory Pendidikan Islam klasik sebagaimana dirumuskan oleh tokoh tokoh penting dunia Islam klasik modern seperti Al Ghazali Ibnu Khaldun Muhammad Iqbal dan Al Syaibany Penulis juga menorehkan pemikiran Pendidikan Islam tokoh tokoh Nusantara seperti K H Hasyim Asyari K H Ahmad Dahlan dan Hasan Langgulung Menyoal metodologi Pendidikan Islam modern penulis memaparkan gagasan Progresivisme Pendidikan John Dewey Rekonstruksi Pendidikan Lev Vigotsky dan Merdeka Belajar Paulo Freire Buku yang kami tulis juga memotret alur perubahan Pendidikan Islam klasik modern disertai dialog kritis epistemologi Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam model pembelajaran Pendidikan Islam klasik modern Pendidikan Islam dalam menyambut Era Society 5 0 tujuan pembangunan yang berkelanjutan Sustainable Development Goals serta penelitian penelitian mutakhir Pendidikan Islam Perubahan Pendidikan Islam mengacu pada pendekatan baru dalam menghidupkan dan mengajarkan agama Islam dengan mengintegrasikan sistem pendidikan yang ada dengan sistem keagamaan Perubahan adalah keniscayaan yang terus terjadi Perubahan Pendidikan Islam dilalui dalam tiga perspektif normatif historis antroposentris dan ekosentris Tiga perspektif ini yang membawa perjalanan Pendidikan Islam untuk terus eksis ...hingga saat ini Penulis menjelaskan berbagai grand theory Pendidikan Islam klasik sebagaimana dirumuskan oleh tokoh tokoh penting dunia Islam klasik modern seperti Al Ghazali Ibnu Khaldun Muhammad Iqbal dan Al Syaibany Penulis juga menorehkan pemikiran Pendidikan Islam tokoh tokoh Nusantara seperti K H Hasyim Asyari K H Ahmad Dahlan dan Hasan Langgulung Menyoal metodologi Pendidikan Islam modern penulis memaparkan gagasan Progresivisme Pendidikan John Dewey Rekonstruksi Pendidikan Lev Vigotsky dan Merdeka Belajar Paulo Freire Buku yang kami tulis juga memotret alur perubahan Pendidikan Islam klasik modern disertai dialog kritis epistemologi Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam model pembelajaran Pendidikan Islam klasik modern Pendidikan Islam dalam menyambut Era Society 5 0 tujuan pembangunan yang berkelanjutan Sustainable Development Goals serta penelitian penelitian mutakhir Pendidikan Islam