Sinopsis Buku: Buku ini membahas tiga pendekatan utama dalam pendidikan Islam, yaitu pendekatan multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner. Penulis, Prof. Dr. Mujamil Qomar, menjelaskan bahwa pendekatan-pendekatan ini sering digunakan dalam penelitian, mata kuliah, serta pengembangan program studi di perguruan tinggi, namun belum banyak referensi yang menyajikan konsep dan pendekatan tersebut secara sistematis dan operasional. Buku ini bertujuan untuk memberikan kontribusi baru dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam, dengan harapan dapat membantu peneliti dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Penulis menjelaskan bahwa pendekatan multidisipliner mengacu pada penggunaan lebih dari satu disiplin ilmu secara terpisah, sedangkan pendekatan interdisipliner melibatkan integrasi antar disiplin ilmu. Sementara itu, pendekatan transdisipliner lebih menekankan pada penggabungan ilmu-ilmu yang tidak hanya terkait secara langsung, tetapi juga mencakup pandangan dan konsep dari berbagai bidang yang berbeda. Buku ini juga menyampaikan bahwa dalam konteks pendidikan Islam, pendekatan-pendekatan ini menjadi penting karena masalah yang dihadapi tidak dapat diselesaikan dengan satu disiplin ilmu saja. Dengan pendekatan multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner, diharapkan dapat muncul solusi yang lebih holistik dan komprehensif. Penulis menegaskan bahwa buku ini merupakan upaya untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dalam pengembangan konsep-konsep ini, serta memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi para peneliti, praktisi, dan pembaca umum. Dengan terbitnya buku ini, diharapkan dapat menjadi angin segar bagi pengembangan pendidikan Islam yang lebih modern dan relevan dengan tantangan zaman.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tiga pendekatan utama dalam pendidikan Islam, yaitu pendekatan multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner. Penulis, Prof. Dr. Mujamil Qomar, menjelaskan bahwa pendekatan-pendekatan ini sering digunakan dalam penelitian, mata kuliah, serta pengembangan program studi di perguruan tinggi, namun belum banyak referensi yang menyajikan konsep dan pendekatan tersebut secara sistematis dan operasional. Buku ini bertujuan untuk memberikan kontribusi baru dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam, dengan harapan dapat membantu peneliti dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Penulis menjelaskan bahwa pendekatan multidisipliner mengacu pada penggunaan lebih dari satu disiplin ilmu secara terpisah, sedangkan pendekatan interdisipliner melibatkan integrasi antar disiplin ilmu. Sementara itu, pendekatan transdisipliner lebih menekankan pada penggabungan ilmu-ilmu yang tidak hanya terkait secara langsung, tetapi juga mencakup pandangan dan konsep dari berbagai bidang yang berbeda. Buku ini juga menyampaikan bahwa dalam konteks pendidikan Islam, pendekatan-pendekatan ini menjadi penting karena masalah yang dihadapi tidak dapat diselesaikan dengan satu disiplin ilmu saja. Dengan pendekatan multidisipliner, interdisipliner, dan transdisipliner, diharapkan dapat muncul solusi yang lebih holistik dan komprehensif. Penulis menegaskan bahwa buku ini merupakan upaya untuk menghadapi tantangan dan kesulitan dalam pengembangan konsep-konsep ini, serta memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi para peneliti, praktisi, dan pembaca umum. Dengan terbitnya buku ini, diharapkan dapat menjadi angin segar bagi pengembangan pendidikan Islam yang lebih modern dan relevan dengan tantangan zaman.
Jumlah Halaman | 240 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | Madani |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | 978-602-0899-79-4 |
eISBN |