Logo Bacabuku
Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Ni Luh Putri
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep pendidikan inklusif, yang merupakan pendekatan pendidikan yang menempatkan semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, dalam lingkungan belajar yang sama. Buku ini menjelaskan pengertian pendidikan inklusif, inklusif itu sendiri, karakteristik sekolah inklusif, serta tujuan pendidikan inklusif. Selain itu, buku ini juga membahas layanan yang diberikan kepada semua anak di lingkungan sekolah inklusif, khususnya anak usia dini berkebutuhan khusus. Dalam bab terpisah, buku ini menjelaskan berbagai jenis kebutuhan khusus yang sering dijumpai pada anak usia dini, seperti gangguan fungsi penglihatan, gangguan fungsi pendengaran, autisme, dan gangguan perkembangan. Buku ini juga menyoroti keunikan anak usia dini, kebutuhan emosional mereka, serta perilaku sosial yang mereka tunjukkan. Penulis menjelaskan bahwa dalam pendidikan inklusif, setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan, dan keduanya perlu dihargai sebagai bagian dari kebhinekaan yang merupakan anugerah. Buku ini ditulis oleh Ni Luh Putri, seorang pendidik yang memiliki pengalaman selama 17 tahun dalam mengajar mata kuliah pendidikan anak berkebutuhan khusus dan pendidikan inklusif. Buku ini merupakan hasil penelitian dan kajian teoritik yang dilakukan penulis, dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan inklusif di Indonesia.

Sinopsis ebook

Pembahasan dimulai dari pemahaman pendidikan inklusif yang menguaraikan pengertian pendidikan inklusif pengertian inklusif itu sendiri karakteristik sekolah inklusif dan tujuan pendidikan inklusif Pemberian layanan bagi semua anak dengan latar belakang kemampuan yang beragam oleh guru kelas reguler guru pendidikan anak berkebutuhan khusus psikolog dan pekerja sosial Selain itu buku ini menyajikan bahasan mengenai guru membangun kerjasama yang baik dengan orang tua anak dan berkomuniasi secara berkala Pembahasan dilanjutkan dengan pemahaman anak berkebutuhan khusus yang membahas mengenai siapa anak berkebutuhan khusus klasifikasi karakteristik anak berkebutuhan khusus dan pemberian bantuan bagi anak berkebutuhan khusus kemudian dilanjutkan dengan pendidikan anak usia dini yang menguraikan pengertian anak usia dini perilaku sosial dan kebutuhan emosional anak usia dini

Detail Buku

Jumlah Halaman 139
Kategori Pendidikan
Penerbit Media Nusa Creative
Tahun Terbit 2015
ISBN 978-602-0839-29-5
eISBN
Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Pendidikan Inklusif Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

Ni Luh Putri