Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan praktik pendidikan inklusif sebagai solusi dalam mendidik anak berkebutuhan khusus. Buku ini bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam tentang asesmen anak berkebutuhan khusus, termasuk pengertian, tujuan, sasaran, dan pelaksanaannya. Penulis menjelaskan berbagai aspek yang perlu diidentifikasi dalam proses asesmen, serta strategi dan jenis-jenis asesmen yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan inklusif. Selain itu, buku ini juga membahas pengembangan kurikulum pendidikan inklusif, mulai dari pengertian, model pengembangan, prinsip-prinsip, penerapan model, kategori kurikulum bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), hingga penyusunan silabus dan rencana program pembelajaran (RPP). Buku ini dirancang sebagai pedoman bagi para praktisi pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif yang menghargai keanekaragaman dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi anak berkebutuhan khusus untuk berkembang secara optimal dalam lingkungan pendidikan yang inklusif.
Buku Pendidikan Inklusif Solusi dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus merupakan edisi revisi dari buku sebelumnya yang terbit tahun 2015 Menyempurnakan edisi sebelumnya buku ini hadir dengan substansi yang lebih lengkap serta penjabaran yang menarik Dimulai dari penjelasan umum seputar konsep pendidikan inklusif buku ini menguraikan pula pembahasan bagaimana karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan identifikasi tertentu Tak lupa juga dijelaskan terkait pengembangan kurikulum serta bagaimana manajemen sekolah pada pendidikan inklusif Buku ini sangat cocok digunakan oleh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan program studi pendidikan luar biasa Di lingkungan tenaga pendidik hadirnya buku ini diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para praktisi penyelenggara pendidikan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan inklusif
Jumlah Halaman | 208 |
---|---|
Kategori | Pendidikan Anak Usia Dini( PAUD ) |
Penerbit | Kencana |
Tahun Terbit | 2020 |
ISBN | - |
eISBN | 978-623-218-569-2 |