Logo Bacabuku
Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar

Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar

Septy Nurfadhillah; dkk
Ebook

Deskripsi ebook

Sinopsis Buku: Buku *Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar* ini merupakan panduan lengkap yang dirancang untuk membantu para mahasiswa dan pengambil kebijakan dalam memahami konsep, prinsip, dan praktik pendidikan inklusi di Indonesia. Buku ini membahas berbagai aspek penting dalam pendidikan inklusi, mulai dari definisi dan pengertian pendidikan inklusi, hingga perkembangannya di Indonesia, tantangan yang dihadapi, serta peran penting tenaga pendidik, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung keberhasilan pendidikan inklusi. Selain itu, buku ini juga menjelaskan hakikat asesmen dalam pendidikan inklusi, ruang lingkup asesmen, dan jenis-jenis ketunaan yang sering dijumpai di sekolah dasar. Informasi dalam buku ini didukung oleh berbagai sumber terpercaya, sehingga dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi pembaca dalam memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman tentang pendidikan inklusi. Buku ini juga menyajikan berbagai masalah yang sering muncul dalam penerapan pendidikan inklusi di Indonesia, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan pendekatan yang komprehensif dan terstruktur, buku ini menjadi sumber belajar yang relevan dan praktis bagi siapa pun yang tertarik untuk memahami dan menerapkan pendidikan inklusi secara efektif.

Sinopsis ebook

Kata inklusi berasal dari Bahasa Inggris yaitu ldquo inclusion rdquo yang berarti mengajak masuk atau mengikutsertakan Lawan katanya adalah eksklusif yang berasal dari kata ldquo exclusion rdquo bermakna mengeluarkan atau memisahkan Pengertian inklusif digunakan sebagai sebuah pendekatan untuk membangun dan mengembangkan sebuah lingkungan yang semakin terbuka mengajak masuk dan mengikutsertakan semua orang dengan berbagai perbedaan latar belakang karakteristik kemampuan status kondisi etnik budaya dan lainnya Terbuka dalam konsep lingkungan inklusif berarti semua orang yang tinggal berada dan beraktivitas dalam lingkungan keluarga sekolah ataupun masyarakat merasa aman dan nyaman mendapatkan hak dan melaksanakan kewajibannya Untuk memaknai sekolah inklusi diperlukan pemahaman dasar tentang peserta didik di sekolah tersebut yang sebagiannya disebut dengan peserta didik difabel atau sering dikenal pula dengan istilah ldquo Anak Berkebutuhan Khusus ABK rdquo children with special needs Peserta didik ABK adalah seseorang yang secara signifikan mengalami kelainan atau penyimpangan fisik mental intelektual sosial dan emosional dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya dibandingkan dengan orang lain yang seusia sehingga memerlukan pelayanan pendidikan khusus Atau seseorang yang berbeda dari rata rata umumnya disebabkan ada permasalahan dalam kemampuan berpikir penglihatan pendengaran sosialisasi dan gerak nbsp Konsep ABK memiliki makna dan spektrum yang lebih luas dibandingkan dengan konsep anak luar biasa exceptional children Dalam bidang pendidikan penyandang ABK memerlukan layanan yang spesifik karena memiliki hambatan belajar dan perkembangan barier to learning and development seperti tunanetra tunarungu tunawicara tunagrahita tunadaksa tunalaras sehingga mereka mencapai akselerasi sebagaimana peserta didik normal dalam belajarnya termasuk dalam mengendalikan emosi dan kontrol sosial Individu tunalaras biasanya menunjukkan perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku di sekitarnya Sebagian fungsi fisik psikis kognitif atau sosialnya terhambat dalam mencapai aktualisasi potensinya secara maksimal

Detail Buku

Jumlah Halaman 97
Kategori Pendidikan
Penerbit CV JEJAK
Tahun Terbit 2022
ISBN 978-623-338-478-0
eISBN 978-623-338-479-7
Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar

Pendidikan Inklusi Sekolah Dasar

Septy Nurfadhillah; dkk