p Buku ini berisi tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan inklusi di Indonesia serta bagaimana cara memperlakukan dan menangani anak berkebutuhan khusus baik di rumah sekolah maupun di lingkungan masyarakat berdasarkan jenis ketunaan ataupun gangguannya p p Saat ini pemerintah sudah memberi perhatian khusus bagi pendidikan inklusi dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 70 Tahun 2009 Pasal 1 Tentang ldquo Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa rdquo dengan harapan adanya kesetaraan pendidikan bagi seluruh anak di Indonesia p p Buku ini penting dibaca oleh semua kalangan Karena dalam pendidikan inklusi membutuhkan peranan segala pihak seperti peran pendidik pemerintah daerah masyarakat serta peran orang tua dalam membantu mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus Sehingga tidak ada lagi kesenjangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan anak normal lainnya p p Buku ini berisi tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan inklusi di Indonesia serta bagaimana cara memperlakukan dan menangani anak berkebutuhan khusus baik di rumah sekolah maupun di lingkungan masyarakat berdasarkan jenis ketunaan ataupun gangguannya p p Saat ini pemerintah sudah memberi perhatian khusus bagi pendidikan inklusi dengan mengeluarkan Peraturan Menteri ...Pendidikan Nasional RI No 70 Tahun 2009 Pasal 1 Tentang ldquo Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa rdquo dengan harapan adanya kesetaraan pendidikan bagi seluruh anak di Indonesia p p Buku ini penting dibaca oleh semua kalangan Karena dalam pendidikan inklusi membutuhkan peranan segala pihak seperti peran pendidik pemerintah daerah masyarakat serta peran orang tua dalam membantu mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus Sehingga tidak ada lagi kesenjangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan anak normal lainnya p