Sinopsis Buku: Buku ini merupakan panduan lengkap dan sistematis dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi, khususnya untuk anak berkebutuhan khusus. Buku ini dirancang untuk mendukung mahasiswa dalam memahami konsep, prinsip, dan praktik pendidikan inklusi secara mandiri. Isi buku mencakup berbagai aspek penting seperti pengertian pendidikan inklusi, peran tenaga pendidik, orang tua, dan masyarakat dalam pendidikan inklusi, serta langkah-langkah pelaksanaan asesmen dalam pendidikan inklusi, baik asesmen akademik maupun asesmen perkembangan. Selain itu, buku ini juga membahas berbagai kesulitan belajar yang sering dihadapi anak berkebutuhan khusus, seperti kesulitan bahasa/komunikasi (aphasia), kesulitan belajar matematika (diskalkulia), dan kesulitan belajar membaca (disleksia), termasuk karakteristik, penyebab, dan faktor-faktor yang memengaruhi masing-masing kesulitan tersebut. Buku ini menjadi acuan penting bagi para pendidik, calon pendidik, serta pihak terkait dalam upaya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan optimal anak berkebutuhan khusus.
p Buku ini berisi tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan inklusi di Indonesia serta bagaimana cara memperlakukan dan menangani anak berkebutuhan khusus baik di rumah sekolah maupun di lingkungan masyarakat berdasarkan jenis ketunaan ataupun gangguannya p p Saat ini pemerintah sudah memberi perhatian khusus bagi pendidikan inklusi dengan mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No 70 Tahun 2009 Pasal 1 Tentang ldquo Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan atau Bakat Istimewa rdquo dengan harapan adanya kesetaraan pendidikan bagi seluruh anak di Indonesia p p Buku ini penting dibaca oleh semua kalangan Karena dalam pendidikan inklusi membutuhkan peranan segala pihak seperti peran pendidik pemerintah daerah masyarakat serta peran orang tua dalam membantu mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus Sehingga tidak ada lagi kesenjangan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan anak normal lainnya p
Jumlah Halaman | 297 |
---|---|
Kategori | Pendidikan |
Penerbit | CV JEJAK |
Tahun Terbit | 2021 |
ISBN | 978-623-247-912-8 |
eISBN | 978-623-247-913-5 |