Sinopsis Buku: Buku ini membahas konsep dan praktik pendidikan inklusi di sekolah regular, dengan fokus pada upaya untuk memastikan bahwa semua peserta didik, termasuk anak berkebutuhan khusus, dapat belajar bersama dalam satu lingkungan pendidikan yang inklusif. Buku ini menjelaskan pengertian pendidikan inklusi, landasan hukumnya di Indonesia, serta berbagai jenis kebutuhan khusus yang ditemui di sekolah, seperti tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, tunalaras, tunawicara, tunanetra, kesulitan belajar, anak cerdas istimewa, anak bakat istimewa, dan anak lamban belajar. Selain itu, buku ini juga membahas aspek-aspek penting dalam penanganan anak berkebutuhan khusus, seperti identifikasi, asesmen, dan hak-hak anak dalam sistem pendidikan inklusi. Buku ini merupakan panduan yang relevan bagi guru, pendidik, dan pihak terkait dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif, aman, dan mendukung pertumbuhan optimal anak-anak bangsa.
Pendidikan inklusi memiliki peranan penting dalam membangun pendidikan yang luas dan bermutu salah satu bentuk sistem pelayanan pendidikan non diskriminatif dalam mewujudkan hak pendidikan untuk semua anak Pelayanan pendidikan inklusi diberlakukan di semua sekolah regular baik pada jenjang SD SMP maupun SMA Menghadapi hal tersebut guru perlu dibekali pengetahuan tentang anak berkebutuhan khusus Pendidikan inklusi memberikan kesempatan yang kepada semua peserta didik Mereka yang memiliki keterbatasan secara fisik mental emosi sosial ekonomi serta yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat luar biasa berhak mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan kebutuhannya
| Jumlah Halaman | 98 |
|---|---|
| Kategori | Pendidikan |
| Penerbit | CV. Pustaka MediaGuru |
| Tahun Terbit | 2020 |
| ISBN | 978-623-308-367-6 |
| eISBN |