Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran *Active Learning* terhadap mahasiswa tuna netra di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan inklusi dalam memastikan akses yang adil dan efektif bagi semua peserta didik, termasuk mahasiswa tuna netra. Penulis menggambarkan bagaimana metode *Active Learning* dapat diintegrasikan dalam lingkungan pendidikan inklusi untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan keterampilan belajar mahasiswa tuna netra. Dalam penelitian ini, penulis menjelaskan bahwa *Active Learning* memberikan dampak positif terhadap penggunaan media pembelajaran, terutama media audio yang lebih efektif dibandingkan media visual. Selain itu, penulis menyoroti pentingnya kondisi kelas, kesukaan mahasiswa terhadap metode, serta kemampuan dosen dalam menerapkan metode tersebut. Penelitian ini juga menekankan bahwa penggunaan *Active Learning* tidak hanya meningkatkan proses belajar, tetapi juga membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa minder mahasiswa tuna netra di tengah lingkungan akademik yang heterogen. Buku ini merupakan referensi yang relevan bagi pengambil kebijakan pendidikan, dosen, dan penyelenggara pendidikan inklusi, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa tuna netra.
Sinopsis Buku: Buku ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran *Active Learning* terhadap mahasiswa tuna netra di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan inklusi dalam memastikan akses yang adil dan efektif bagi semua peserta didik, termasuk mahasiswa tuna netra. Penulis menggambarkan bagaimana metode *Active Learning* dapat diintegrasikan dalam lingkungan pendidikan inklusi untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan keterampilan belajar mahasiswa tuna netra. Dalam penelitian ini, penulis menjelaskan bahwa *Active Learning* memberikan dampak positif terhadap penggunaan media pembelajaran, terutama media audio yang lebih efektif dibandingkan media visual. Selain itu, penulis menyoroti pentingnya kondisi kelas, kesukaan mahasiswa terhadap metode, serta kemampuan dosen dalam menerapkan metode tersebut. Penelitian ini juga menekankan bahwa penggunaan *Active Learning* tidak hanya meningkatkan proses belajar, tetapi juga membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa minder mahasiswa tuna netra di tengah lingkungan akademik yang heterogen. Buku ini merupakan referensi yang relevan bagi pengambil kebijakan pendidikan, dosen, dan penyelenggara pendidikan inklusi, terutama dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bagi siswa tuna netra.
Jumlah Halaman | 94 |
---|---|
Kategori | Umum |
Penerbit | Pustaka Ilmu |
Tahun Terbit | 2019 |
ISBN | 978-623-7066-10-1 |
eISBN |